Dark/Light Mode

Cetak Bibit Unggul Pemimpin Muda Integritas

Sandiaga Uno Berikan Bantuan Beasiswa Kepemimpinan Kepada Milenial Aceh

Jumat, 14 April 2023 19:04 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mencetak bibit unggul pemimpin muda berintegritas melalui Beasiswa Kepemimpinan Untuk Milenial di Aceh di AAC Dayan Dawood, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Kamis (13/4). (Foto: Ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mencetak bibit unggul pemimpin muda berintegritas melalui Beasiswa Kepemimpinan Untuk Milenial di Aceh di AAC Dayan Dawood, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Kamis (13/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno membangun pengusaha muda penerus bangsa dengan peningkatan media digitalisasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mencetak bibit unggul pemimpin muda berintegritas melalui 'Beasiswa Kepemimpinan Untuk Milenial di Aceh'.

Sebagai pengusaha sukses, Sandiaga Uno mengatakan generasi muda Indonesia membutuhkan pelatihan digitalisasi untuk membuat konten-konten kreatif dalam meningkatkan omset penjualan. Dengan begitu, Tahun 2024 target 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan.

"Pelatihan social media marketing yang dibutuhkan anak muda, karena kita sudah memasuki era digitalisasi dimana sudah menjadi sarana promosi yang sangat efektif, dan UMKM membutuhkan konten-konten kreatif. Ini menjadi pilar peningkatan omset dan terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," kata Sandiaga di AAC Dayan Dawood, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Kamis (13/4).

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumut Berikan Bantuan Material

Salah satu figur penting di Kabinet Indonesia Maju, Sandiaga menjelaskan strategi menjadi owner muda, yaitu Gercep, Geber, dan Gaspol. Ia pun menilai antusias peserta yang hadir dapat mencetak wirausaha baru di masa akan datang.

"Peserta harus adaptif, inovatif, dan kolaboratif, karena peluang ini tidak datang berkali-kali. Mereka perlu Gercep (Gerak Cepet), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi)," tutur Sandi. 

"Owner pebisnis muda harus memiliki panduan, di Aceh ini kental dengan syariat Islam, jadi konten-konten mereka harus cerdas, fatonah, amanah, bertanggung jawab, sidiq, tabliq, uniq, dan otentik. Dikarenakan owner harus fokus kepada kualitas dan sustanbilitas, saya yakin antusias mereka dapat menjadi pemimpin enterpreneur," sambungnya.

Baca juga : Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Berikan Bantuan Lele Ke Pembudi Daya Ikan Darat Di Cianjur

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya akan terus memonitor program yang dijalankan Sandination dalam menciptakan pengusaha sukses masa depan yang berkompeten.

"Harapannya pelatihan ini terus bergulir, karena ada para ambassador yang akan memonitor, memantau, dan mengevaluasi agar program ini tidak hanya ceremonial, tetapi akan berjenjang dan dalam 5 tahun kedepan bisa diperlihatkan sebagai pengusaha sukses," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Sandiaga Uno menyaksikan penandatangan MOU antara Sandination bersama dengan 8 lembaga pendidikan tinggi di Aceh dan acara ini juga semarak karena dihadiri oleh 28 perwakilan lembaga dan komunitas-komunitas pebisnis muda.

Baca juga : Meriahkan Hari Jadi, Midea Berikan Diskon dan Hadiah Hingga Miliaran Rupiah

Tak hanya itu, selama kegiatan ini Sandiaga didampingi oleh tiga orang terpilih dalam program Sandiaga Uno Youth Ambassador (SYA) tahun 2023 asal Aceh yang memiliki prestasi akademik dan non akademik diharapkan akan menjadi pemimpin masa depan bangsa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.