Dark/Light Mode

Kapolri Pastikan Jajarannya Siap Amankan Malam Takbiran Dan Shalat Idul Fitri

Kamis, 20 April 2023 19:41 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau arus mudik, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (20/4). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau arus mudik, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (20/4). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, jajarannya bersama dengan pihak terkait siap untuk mengamankan pelaksanaan malam takbiran hingga shalat Idul Fitri di seluruh Indonesia.

"Ini menjadi salah satu tugas kita dalam Operasi Ketupat, selain pengamanan rangkaian arus mudik dan balik," ujar Sigit usai meninjau arus mudik, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (20/4).

Sigit mengungkapkan, saat ini, jajaran kepolisian di seluruh Indonesia telah melakukan pemetaan terkait dengan wilayah-wilayah yang akan melaksanakan shalat Idul Fitri.

Baca juga : Menag Terbitkan Surat Edaran Sikapi Kemungkinan Perbedaan Penepatan 1 Syawal

"Saya kira masing-masing jajaran telah melakukan pendataan soal itu. Dan tentunya rangkaian kegiatan mulai dari malam takbiran kemudian Shalat Idul Fitri, akan kita laksanakan pengamanan," tuturnya.

Upaya tersebut, menurut eks Kapolda Banten ini, adalah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat alias kamtibmas.

Sehingga, seluruh umat muslim yang merayakan hari kemenangan dapat menjalaninya dengan khusyuk, aman dan nyaman.

Baca juga : Syarief Hasan Ingatkan Pentingnya Keamanan Dan Kesehatan Pemudik

Karena itu, Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan strategi serta langkah-langkah untuk mewujudkan seluruh rangkaian Ramadhan dan Idul Fitri berjalan aman dan kondusif.

"Seluruh jajaran Polri baik yang terbuka maupun tertutup dalam kondisi siap mengamankan dan mengawal," tegas Sigit.

Sigit juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi saat malam takbiran. Ia menyarankan, lebih baik warga mengumandangkan takbir di masjid maupun mushala sekitar tempat tinggalnya.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Wujudkan Mudik Aman Untuk Masyarakat

"Sedapat mungkin hindari konvoi yang bisa mengganggu. Kalaupun ada, dibatasi. Akan lebih baik apabila dilaksanakan takbir di tempat masing-masing tanpa konvoi. Silakan koordinasi dengan aparat setempat. Sehingga kegiatan betul-betul bisa dijaga dan diamankan," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.