Dark/Light Mode

Menlu: Persiapan KTT ASEAN Di Labuan Bajo On The Right Track

Selasa, 25 April 2023 20:03 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi meninjau persiapan lokasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Selasa (25/4). (Foto: Dok. Kemlu)
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi meninjau persiapan lokasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Selasa (25/4). (Foto: Dok. Kemlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana, Selasa (25/4) kembali meninjau sejumlah persiapan menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang turut mendampingi peninjauan tersebut. Retno mengatakan, semua persiapan, baik substansi maupun nonsubstansi, sudah berada di jalur yang tepat.

"Semua persiapan, baik substansi maupun nonsubstansi, kita lakukan pengecekan pada hari ini secara detail langsung oleh Bapak Presiden. Per hari ini kita dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track," ujar Retno, dalam keterangannya usai peninjauan di Labuan Bajo, Selasa (25/4).

Terkait substansi, Retno menjelaskan, akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023. Dari delapan pertemuan tersebut, lima pertemuan digelar di hari pertama dan tiga pertemuan di hari kedua.

Baca juga : Menhub Koordinasikan Arus Mudik Dan Balik Lebaran Di Titik Krusial

"Di hari pertama, semua pertemuan akan dipimpin Bapak Presiden. Sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua di antaranya dipimpin Bapak Presiden, sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin Perdana Menteri Malaysia," ungkap Retno.

Selain itu, Jokowi dan Ibu Iriana juga meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan digunakan untuk beberapa kegiatan KTT ke-42 ASEAN. Mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Terkait Bandara Komodo, Retno menerangkan, saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

Baca juga : Dukung KTT ASEAN Di Labuan Bajo, Toyota Serahkan 65 Unit bZ4X Ke Setneg

"Jadi persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi, sekali lagi pengecekan dilakukan secara detail," ucap Retno.

Mengenai kesiapan hotel-hotel yang akan digunakan para kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, Jokowi menekankan pentingnya kenyamanan bagi para leaders. Jokowi juga ingin agar penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

"Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan tentunya untuk dunia," ujar Retno.

Baca juga : Menhub Gercep Cek Sarana Transportasi Di Labuan Bajo

Dia optimistis, Keketuaan ASEAN yang dipegang Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Ia juga tidak lupa minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadi, bismillah mudah-mudahan gawe besar kita sebagai Ketua ASEAN dengan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dapat berjalan dengan lancar. Mohon doanya," tutur Retno.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.