Dark/Light Mode

Kapolri Perintahkan Jajarannya Siap Siaga Layani Pemudik Pada Pergeseran Arus Balik

Selasa, 25 April 2023 23:59 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya tetap siaga mengamankan arus balik libur Lebaran 2023. Sebab, kemungkinan arus balik akan terdistribusi hingga hari Minggu (30/4) mendatang.

Sigit meminta seluruh anggotanya untuk bersiaga, baik di jalan tol maupun arteri, dan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat saat melakukan perjalanan arus balik.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai dengan hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri. Sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," tegas Sigit saat meninjau arus balik di KM 72 Tol Cikampek, Selasa (25/4).

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan, berdasarkan prediksi awal, akan ada 203 ribu kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik.

Baca juga : Arus Balik, Kapolri Perintahkan Jajarannya Sosialisasikan Rekayasa Lalin

Pemerintah telah menyiapkan beberapa strategi. Mulai dari pemberian diskon tol hingga rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan.

Pemerintah juga telah mengumumkan untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN dan ASN untuk menghindari arus balik dengan mengajukan cuti tambahan.

"Pak Menko Polhukam juga telah menginformasikan bahwa untuk kegiatan halal bihalal digeser tidak minggu ini, namun minggu depan," tutur Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini pun memaparkan, berdasarkan hasil pengecekan, ada perubahan puncak arus balik yang seharusnya terjadi hari ini. Ada penurunan jumlah kendaraan sebanyak 13 persen dari prediksi awal.

Baca juga : Kapolri Pastikan Jajarannya Siap Amankan Malam Takbiran Dan Shalat Idul Fitri

"Tentunya ini akan kita tunggu apakah penurunan 13 persen tetap berlaku. Artinya kalau bertahan kita sudah bisa menurunkan prediksi puncak yang 203 ribu. Karena bisa turun 13 persen," ucap Sigit.

Dengan adanya pergeseran arus balik tersebut, ia pun menyebut masih ada waktu bagi masyarakat memanfaatkan beberapa hari ini untuk kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Masyarakat juga bisa kembali pada hari Kamis dan Jumat, ketika kebijakan diskon tarif tol diberlakukan.

"Hal ini silahkan dimanfaatkan sehingga rangkaian arus balik kita antisipasi dan semua berjalan lancar walaupun terjadi kepadatan dan kita hindari risiko stuck atau terjebak kemacetan luar biasa," ungkap Sigit.

Baca juga : Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Siap Digunakan Mudik Lebaran 2023

Selain jalur mudik, Kapolri juga sempat melakukan pengamatan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kegiatan masyarakat, masih cukup tinggi.

Ia mengatakan, hal tersebut terjadi lantaran kemungkinan masyarakat yang melakukan perjalanan ke tempat wisata dan berkunjung ke rumah sanak saudara dalam rangka halal bihalal.

"Ini menjadi perhatian kita. Jalur arteri memiliki beban yang lebih tinggi dari biasanya karena kegiatan masyarakat tentunya menjadi hal yang kita pantau juga," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.