Dark/Light Mode

Kapolri Sapa Langsung Pemudik, Pastikan Arus Mudik-Balik Lebaran Lancar Tanpa Kendala

Rabu, 26 April 2023 07:58 WIB
Kapolri Sapa Langsung Pemudik, Pastikan Arus Mudik-Balik Lebaran Lancar Tanpa Kendala

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun langsung mendengarkan pengalaman yang dirasakan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik maupun balik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

Dia menemui beberapa masyarakat di Rest Area KM 62 Tol Cikampek. Kapolri menyapa serta menanyakan soal pelayanan dan pengaturan arus mudik serta balik Lebaran tahun ini.

"Dari mana?," tanya Kapolri.

"Kuningan pak," jawab warga.

Baca juga : Kapolri: Waktu Tempuh Arus Mudik Tahun Ini Alami Penurunan

"Ada keluhan tidak sepanjang perjalanan?," tanya Sigit.

"Tidak ada pak, Alhamdulilah. Lancar pak," jawab seorang pemudik.

Tak berhenti sampai di situ, Sigit kembali menyapa pemudik asal Surabaya. Dia mengaku merasakan pengalaman mudik yang lebih baik pada tahun ini dibandingkan sebelumnya.

Sigit sendiri memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga mengamankan arus balik libur Lebaran 2023. Hal ini diungkapkannya lantaran adanya kemungkinan arus balik akan terdistribusi hingga hari Minggu (30/4).

Baca juga : Kapolri Perintahkan Jajarannya Siap Siaga Layani Pemudik Pada Pergeseran Arus Balik

Sigit meminta seluruh anggotanya untuk bersiaga baik di jalan tol maupun arteri guna tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat saat melakukan perjalanan arus balik.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini ada distribusi sampai dengan hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri. Sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," imbau Sigit.

Dalam kesempatan ini, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan, prediksi awal, akan ada 203 ribu kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik.

Pemerintah pun menyiapkan beberapa strategi. Mulai dari pemberian diskon tol, hingga rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan.

Baca juga : Mengurai Pemudik Menyeberang Dari Jawa Menuju Sumatera

Pemerintah, lanjut Sigit, juga telah mengumumkan untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN dan ASN untuk menghindari arus balik dengan mengajukan cuti tambahan.

"Pak Menko Polhukam juga telah menginformasikan bahwa untuk kegiatan halal bihalal digeser tidak minggu ini, namun minggu depan," ungkap Sigit.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pengecekan, yang seharusnya pada hari ini terjadi puncak arus balik, namun ada perubahan. Bahkan ada penurunan jumlah kendaraan sebanyak 13 persen dari prediksi awal.

"Tentunya ini akan kita tunggu apakah penurunan 13 persen tetap berlaku, artinya kalau bertahan kita sudah bisa menurunkan prediksi puncak yang 203 ribu. Karena bisa turun 13 persen," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.