Dark/Light Mode

Rapatkan Barisan Koalisi

Jokowi Pake Jurus Ngopi

Kamis, 27 April 2023 08:00 WIB
(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca PDIP resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres, tensi politik di tanah air langsung naik. Koalisi parpol yang sudah terbentuk, diprediksi bisa berubah. Demi menjaga soliditas pemerintah, Presiden Jokowi langsung bergerak. Dalam waktu dekat, Jokowi akan kumpulkan para pimpinan partai untuk rapatkan barisan koalisi. Presiden akan ajak para bos-bos parpol itu ngopi bareng.

Rencana pertemuan ini, diungkapkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Kemarin, pria yang akrab disapa Zulhas itu bertemu dengan Jokowi di Istana Negara Kepresidenan, Jakarta. Sebelum Zulhas, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo lebih dulu dipanggil Jokowi ke Istana.

Namun, usai bertemu hampir 1 jam, Hary Tanoe membantah bila kehadirannya ke Istana terkait urusan politik. Bos MNC Group itu berkilah, kalau pertemuannya dengan Jokowi terkait silaturahmi dalam nuansa Idul Fitri.

Baca juga : Rayakan Perceraian Dengan Keliling Kota

“Silaturahmi aja. Ini kan abis Lebaran, ya namanya Lebaran kan, sowan biasa,” jawab Hary usai bertemu Jokowi.

Keterangan lebih jelas justru diungkap Zulhas yang menghadap Jokowi usai Hary Tanoe. Menteri Perdagangan itu tak membantah bila ada urusan politik yang dibahasnya dengan Kepala Negara. Bahkan, lanjutnya, Jokowi berencana mengundang para pimpinan parpol koalisi pendukung Pemerintah untuk bersilaturahmi.

Karena yang mengundang Jokowi, Zulhas tidak mengetahui secara rinci, kapan dan dimana pertemuan itu berlangsung.

Baca juga : Relawan Pendukung Jokowi Dukung Pemimpin Pelanjut Indonesia Maju

“Mudah-mudahan nanti cari waktu yang tepat, Bapak (Presiden Jokowi) akan mengundang ketua-ketua umum partai untuk silaturahim,” ungkapnya.

Zulhas tak ragu menyebut, bahwa rencana pertemuan Jokowi dengan para ketua umum partai koalisi itu sebagai acara minum kopi bersama. “Bapak juga mengundang ketua umum partai untuk ngopi bareng,” katanya.

Apa yang dibahas, memang masih belum ada yang mengetahui. Namun, eks Ketua MPR itu menduga, ajang silaturahmi dengan pimpinan parpol koalisi pendukung Pemerintah akan membahas masa depan koalisi besar. “Nanti kita ketemu dulu,” cetusnya.

Baca juga : Jokowi Pastikan Warga Terima Bantuan Pangan

Sebelum pertemuan itu berlangsung, Zulhas menyebut elit Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan PAN, Golkar, dan PPP akan lebih dulu mengadakan pertemuan. Rencananya, pertemuan elit KIB ini akan berlangsung di kediaman Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Kamis (27/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.