Dark/Light Mode

Ke Museum Multatuli, Ganjar Pelajari Jejak Perjuangan Bung Karno Persatukan Masyarakat

Sabtu, 29 April 2023 20:19 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang merupakan bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP mengunjungi Museum Multatuli di Jalan Alun-alun No.8, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang merupakan bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP mengunjungi Museum Multatuli di Jalan Alun-alun No.8, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang merupakan bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP mengunjungi Museum Multatuli di Jalan Alun-alun No.8, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4).

Museum Multatuli adalah bangunan yang meninggalkan jejak antikolonialisme dan sejarah masyarakat Banten melawan penjajahan di Provinsi yang pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanegara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama Politikus PDIP Rano Karno beserta DPP dan DPC PDIP di Banten melihat kisah perjuangan sastrawan Belanda, Eduard Douwes Dekker atau Multatuli yang mengkritik perlakuan buruk penjajah atas masyarakat Indonesia di Banten.

Baca juga : Kunjungi Museum Multatuli, Rano Karno: Ganjar Ingin Rakyat Sejahtera

Selain itu, Ganjar juga mempelajari perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno alias Bung Karno yang turut terekam dalam museum tersebut. 

Ganjar menjelaskan, pada tahun 1957 silam, Bung Karno memberikan orasi kepada masyarakat Banten di Lapangan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Kala itu Bung Karno membakar semangat persatuan masyarakat dalam bingkai Demokrasi Terpimpin.

Saat itu, kata Ganjar, Bung Karno menunjukkan wajah seorang pemimpin dengan gagasan yang mempersatukan. Ganjar pun membayangkan bagaimana Bung Karno mempersatukan pemikiran dan ide-ide masyarakat Banten yang kala itu berbeda.

Baca juga : Pilpres Jadi Pertandingan Persahabatan

“Maka 57 saja pasca merdeka terjadi situasi yang naik turun setelah Indonesia lahir itu. Orang pasti kepingin kelompok kami lebih dulu, orang pasti kepingin interest kami lebih dulu yang kalau kemudian itu tidak terkelola dengan baik, maka pasti terjadi cakar-cakaran,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, pada orasinya Bung Karno memaparkan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan. Dengan nilai-nilai tersebut, kata Ganjar, Bung Karno menciptakan hubungan berwarganegara yang baik antar masyarakat.

“Maka betapa pentingnya persatuan itu menurut Bung Karno hari ini juga dibutuhkan. Jadi jangan sampai kita tercabik-cabik karena kita diadu domba, kita belajar dulu sejarah ada politik devide et impera, antar golongan, antar suku, antar agama, diadu-adu, jangan,” kata Ganjar.

Baca juga : Pengamat: Peluang Ganjar Besar Jika Berpasangan Dengan Cawapres Tepat

Lewat perjuangan Bung Karno dalam mewujudkan persatuan Indonesia itu, Ganjar berharap peran serta masyarakat serta pemuda-pemudi bangsa semakin ‘kencang’ di masa modern seperti saat ini. Ganjar juga berharap, berbagai perbedaan di antara masyarakat menjadi jembatan persatuan.

“Kita itu Indonesia, lahirnya Bhineka Tunggal Ika. Jadi memang kita berbeda, sunnatullah-nya begitu, kita berbeda. Lahirnya juga seperti itu. Tapi kalau kita berbeda itu kekayaan, itu dipersatukan,” kata Ganjar.

Dalam safari politiknya ke wilayah Banten, Ganjar juga menghadiri halal bi halal dan siltaurahmi bersama ribuan ulama beserta pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Banten.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.