Dark/Light Mode

Kunjungi Museum Multatuli, Rano Karno: Ganjar Ingin Rakyat Sejahtera

Sabtu, 29 April 2023 17:16 WIB
Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno, berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Sabtu (29/4). (Foto: Ist)
Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno, berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Sabtu (29/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Sabtu (29/4).

Rano Karno mengatakan, Ganjar berkunjung lantaran Multatuli adalah inspirasi bagi banyak orang tentang cita-cita keadilan dan kemanusiaan.

"Pak Ganjar hadir di sini untuk memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Rano Karno saat mendampingi Ganjar Pranowo, di Lebak, Sabtu (29/4).

Anggota Komisi X DPR RI itu juga mengingatkan Bung Karno pernah mengunjungi Rangkasbitung. Saat itu, Bung Karno berpesan tentang persatuan bangsa.

Baca juga : Tinjau Arus Mudik Di Bakauheni, Kapolri: Tahun Ini Tidak Terjadi Antrean

"Jadi kunjungan Pak Ganjar ini juga semacam tapak tilas dari perjalanan Bung Karno untuk menghayati lebih dalam apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan oleh Bung Karno," jelasnya.

Pemeran Si Doel itu juga berharap, Ganjar Pranowo melanjutkan pembangunan nasional yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tentu kita berdoa yang terbaik untuk Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden periode 2024-2029 dalam melanjutkan pembangunan di Banten dan terus meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Ganjar mengapresiasi pembangunan ulang Museum Multatuli. Menurutnya, museum tersebut sangat penting diketahui oleh banyak orang, terutama generasi muda.

Baca juga : Kunjungi Pengrajin Logam Bali, Bamsoet Dorong UMKM Perkuat Pasar Internasional

Ia menjelaskan, selain mengajarkan generasi muda mengenai literasi, Museum Multatuli juga mengajarkan bagaimana membela keadilan dan juga memanusiakan manusia.

"Yang dituliskan Multatuli ini menjadi referensi banyak tokoh, inspirasi tingkat perasaan seseorang untuk memanusiakan manusia dan kemudian berjuang terhadap penindasan. Itu sesuatu hal yang luar biasa karena inspirasinya," ucapnya.

Tak hanya itu, sikap keberanian dari Eduard Douwes Dekker yang berani melawan rajanya di Belanda patut dicontoh.

Sebab, kata Ganjar, Douwes Dekker berani mengatakan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda harus segera dihentikan.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumut Berikan Bantuan Material

"Hingga ia (Douwes Dekker) menuliskan kepada rajanya 'Apa yang kamu inginkan dari penjajahan ini? Wah, itu dalam sekali. Yang hebat adalah beliau itu sastrawan sehingga dituliskan dalam novel-novel percintaan yang lebih halus, sehingga secara nilai lingusitiknya bisa diterima oleh orang-orang," ujarnya.

Dalam kunjungannya masyarakat Lebak sangat antusias menyapa Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 nanti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.