Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Digitalisasi Pendidikan, Pemberdayaan Guru Perlu Dimaksimalkan

Selasa, 2 Mei 2023 22:35 WIB
Ilustrasi. (IST)
Ilustrasi. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Hari Pendidikan Nasional, digitalisasi merupakan salah satu hal yang patut diprioritaskan dalam pembangunan sektor pendidikan.

Berkaca dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sempat dilakukan dalam merespons pandemi, kesenjangan digital atau digital divide merupakan satu faktor yang menghambat digitalisasi pendidikan.

“Terlepas dari kondisi yang ada, digitalisasi perlu terus diupayakan supaya siswa, guru dan sekolah bisa merasakan manfaat dari program-program digitalisasi pendidikan. Hal ini perlu dimaksimalkan demi, terutama, untuk meminimalisir learning loss,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nadia Fairuza.

Baca juga : Peringati Hardiknas, Pemerintah Perkuat Program Indonesia Pintar

PJJ sudah menunjukkan faktor-faktor yang menghambat digitalisasi pendidik kesenjangan digital atau digital divide antar daerah.

Nadia menilai, masih kurangnya pelatihan yang dapat membantu para guru untuk membangun kompetensi dan kepercayaan diri mereka, dalam mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak ke dalam kegiatan mengajar mereka.

"Serta masih rendahnya tingkat literasi digital di kalangan siswa dan guru," katanya.

Baca juga : Normalisasi KM 206+0/2 Terkendala Hujan, KA Rajabasa Masih Dibatalkan

Salah satu dampak lain dari digital divide juga terlihat dengan rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan pengajaran.

Pandemi ini memperlihatkan perlunya meningkatkan kapasitas dan kemampuan adaptasi guru dalam menggunakan teknologi untuk mengajar.

"Guru merupakan faktor penting yang juga berkontribusi dalam suksesnya digitalisasi pendidikan," kata Nadia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.