Dark/Light Mode

KSP Layanan Kesehatan di Kawasan Pesisir Kaltim Harus Semakin Baik

Rabu, 3 Mei 2023 16:43 WIB
Tim tenaga ahli KSP bersama Walikota Bontang, Wakil Walikota Bontang, Deputi Direksi Wilayah 8, serta Kadinkes Kota Bontang, pada Rabu (3/5), memberikan dukungan peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Taman Husada Bontang bagi masyarakat di Kota Bontang, Kaltim, dan sekitarnya.
Tim tenaga ahli KSP bersama Walikota Bontang, Wakil Walikota Bontang, Deputi Direksi Wilayah 8, serta Kadinkes Kota Bontang, pada Rabu (3/5), memberikan dukungan peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Taman Husada Bontang bagi masyarakat di Kota Bontang, Kaltim, dan sekitarnya.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) konsisten mendorong peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di daerah-daerah. Salah satunya, adalah melalui pengadaan fasilitas kesehatan terjangkau bagi masyarakat di kawasan pesisir Kalimantan Timur, provinsi yang akan menumpu Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam salah satu program debottlenecking-nya, tim tenaga ahli KSP didampingi oleh Walikota Bontang Basri Rase beserta jajaran, pada Rabu (3/5), melakukan percepatan upaya pengadaan fasilitas cath lab (kateterisasi jantung) terjangkau di RSUD Taman Husada di Kota Bontang melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Sejauh ini belum ada kesepakatan antara BPJS Kesehatan dengan layanan cath lab di RSUD Taman Husada, sehingga masih banyak pasien yang tidak bisa tertangani karena hambatan biaya yang tinggi. Padahal angka kunjungan pasien poli jantung di RS ini dalam satu bulan terhitung tinggi, yakni dapat mencapai 800-1000 pasien,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Brigjen TNI (Purn.) Noch T Mallisa

Baca juga : Kasih Saran Sesat, KPK Tetapkan Pengacara Lukas Enembe Tersangka Perintangan Penyidikan

Alih-alih mendorong pembangunan RS baru tipe D di kota Bontang, KSP justru mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang sudah ada, salah satunya RSUD Taman Husada Bontang. Pasalnya, menurut Mallisa, hal yang paling penting adalah bukan tentang banyaknya jumlah RS, tapi kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat.

Dukungan peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Bontang ini juga menjadi penting karena Kota Bontang adalah kawasan industri yang menyokong ekonomi Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dengan kerja sama BPJS pada layanan cath lab di RSUD Taman Husada, masyarakat Bontang bahkan 3 Kabupaten sekitar nantinya bisa tertangani dan tidak perlu jauh ke Samarinda, atau menunggu antrian berbulan-bulan untuk mendapatkan penanganan,” kata Direktur RSUD Taman Husada dr.Suhardi

Baca juga : Awas, Parpol Bisa Daftar Bacaleg Di Hari Terakhir

RSUD Taman Husada Bontang telah memiliki layanan cath lab sejak tahun 2019 dan sudah secara aktif melakukan pelayanan.

Saat ini angka diagnostik jantung koroner dan terindikasi untuk dilakukan kateterisasi mencapai 1/3 dari rata-rata kunjungan pasien.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan diberikan oleh pemerintah pusat melalui KSP, utamanya dalam mendukung peningkatan layanan kesehatan di kota Bontang,” imbuh Walikota Bontang, Basri Rase.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.