Dark/Light Mode

Negara ASEAN Dukung Indonesia Suarakan Pembelaaan HAM

Rabu, 3 Mei 2023 20:33 WIB
ASEAN Human Rights Dialogue 2023
ASEAN Human Rights Dialogue 2023

RM.id  Rakyat Merdeka - Negara negara ASEAN mendukung inisiatif Indonesia untuk menyelenggarakan ASEAN Human Rights Dialogue 2023. Dialog terbuka dan transparan ini akan membahas isu Hak Asasi Manusia (HAM) di kawasan ASEAN. 

“Forum ini diharapkan akan berkontribusi dalam penciptaan lingkungan kerja yang adil bagi pekerja migran, pelindungan berbasis korban pada penanganan kontra radikalisme dan ekstrimisme, penanggulangan perdagangan orang, serta melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Rabu (3/5).

Baca juga : Terima GMKI, Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Pancasila Fest 2023

Wakil Indonesia untuk ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) sekaligus Ketua AICHR 2023, Yuyun Wahyuningrum saat memimpin AICHR ke-36 Maret 2023 menekankan, bahwa inisiatif Indonesia melalui kegiatan konsultasi, praktik terbaik, dan lokakarya, akan merangkul kepentingan seluruh negara anggota ASEAN dalam memajukan isu HAM.

Melalui kepemimpinan Indonesia, AICHR untuk pertama kalinya melakukan Country Learning Visit. Para wakil negara anggota ASEAN telah berkunjung ke Kota Bogor dan Desa Agroeduwisata Mulyaharja untuk melihat secara langsung keberhasilan Pemerintah Daerah melakukan promosi, pemajuan, dan pelindungan HAM.

Baca juga : Erick Dukung Investigasi Kasus Lift Bandara Kualanamu

Selain itu, telah diselenggarakan pertemuan antarmuka AICHR dengan sejumlah badan sectoral, yakni ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC), ASEAN Committee to Implement the Declaration on the Protection and Promotion of the Rights of Migrant Workers (ACMW), ASEAN Committee on Women (ACW), Committee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR), serta mitra wicara Uni Eropa dan Australia.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.