Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Erick: Pemerintah Siapkan Rp 32,7 Triliun Untuk Perbaiki Jalan

Jumat, 5 Mei 2023 20:42 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau  kondisi jalanan ITERA-Purwotani di wilayah perbatasan Bandar Lampung bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Lampung Arinal Junaidi, Jumat (5/5).
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau kondisi jalanan ITERA-Purwotani di wilayah perbatasan Bandar Lampung bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Lampung Arinal Junaidi, Jumat (5/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyiapkan dana sebesar Rp 32,7 triliun, untuk memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak. Dana dari pemerintah pusat itu juga sudah ada instruksi presiden (inpres) nya.

Hal itu disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat ikut mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5).

"Pak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ada Rp 32,7 triliun untuk perbaikan jalan provinsi dari pemerintah pusat yang sudah ada instruksi presidennya. Jadi ini sesuatu yang luar biasa oleh bapak Jokowi," kata Erick, lewat swavideo yang diterima RM.ID, Jumat (5/5).

Baca juga : Pemerintah Usahakan Perlindungan Kesejahteraan Bagi Petani

Dalam rekaman swavideo itu, Erick tampak sedang berjalan di tengah kerumunan warga Lampung. Jalanan yang ditapaki Erick terlihat belum teraspal dan berdebu.

Sejumlah teriakan histeris warga juga terdengat cukup ramai menyapa presiden Jokowi. Di tengah-tengah kerumunan itu juga terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam swavideo lainnya, Erick tampak tengah berjalan kaki di ruas jalan yang sedang diperbaiki. "Cek jalan, ada perbaikan semua hari ini. Alhamdulillah," sambungnya.

Baca juga : BKM Pusat Siapkan Program Untuk Berdayakan Masjid Di Indonesia

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pernah menyampaikan bahwa dari sekitar 480 ribu kilometer jalan kabupaten/kota di seluruh daerah, hanya 42 persen di antaranya yang dalam kondisi baik. Karena itu, pemerintah menargetkan ada 65 persen jalan daerah dalam kondisi baik hingga 2024 nanti.

Seperti diketahui, presiden Jokowi terbang ke Lampung mengecek jalan rusak, yang sempat viral di media sosial. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi turut didampingi oleh Mendag Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kepala negara mengatakan, pemerintah pusat (pempus) akan mengucurkan anggaran sekitar Rp 800 miliar khusus untuk perbaikan jalan rusak di Provinsi Lampung. Hitungan Jokowi, akan terdapat 15 ruas jalan yang akan diperbaiki oleh pempus.

Baca juga : Pertahankan Nilai-nilai Ramadan & Idul Fitri Untuk Wujudkan Persatuan Bangsa

"Tahun ini pemerintah pusat khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp 800 miliar untuk 15 ruas jalan termasuk ini," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Diantaranya pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. 

Kendati demikian, Presiden menegaskan bahwa pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung. “Karena memang sudah lama ya, akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.