Dark/Light Mode

Wamen Kartika Tinjau Kesiapan Stasiun Halim Untuk LRT dan Kereta Cepat

Rabu, 26 April 2023 17:50 WIB
Integrasi Stasiun Halim dengan LRT dan BRT Jabodebek
Integrasi Stasiun Halim dengan LRT dan BRT Jabodebek

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama usai cuti bersama Idul Fitri 2023, Wakil Menteri (Wamen) II Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo bergerak cepat untuk memastikan penyelesaian proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung

Kartika datang bersama stakeholder terkait ke Stasiun KA Cepat Halim untuk melihat progres pembangunan dan rencana optimalisasi stasiun tersebut.

Dalam sambutannya, Kartika mengatakan, Stasiun Kereta Api Cepat bukan hanya menjadi suatu tempat naik turun penumpang, tapi juga menjadi sebuah destinasi wisata atau pusat aktivitas masyarakat. 

Diharapkan, seluruh Stasiun KCJB dapat menjadi sebuah tempat yang menyuguhkan akulturasi budaya, baik budaya betawi maupun sunda pada ornamen dan aktivitas di dalamnya.

Baca juga : Menteri Erick Fasilitasi 30 Jurnalis Mudik Gratis Dengan Kereta Wisata

"KCIC harus berpikir out of the box untuk menghadirkan berbagai aktivasi, hiburan, dan event-event menarik agar dapat meningkatkan minat masyarakat datang ke stasiun dan menggunakan KCJB. Dengan pengelolaan retail yang baik, nantinya Stasiun KCJB tidak hanya untuk naik turun penumpang tapi juga dapat digunakan sebagai meeting point dan tempat berkumpulnya masyarakat," ujar Kartika pada Rabu (26/4). 

Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, progres pembangunan stasiun KA Cepat Halim terus berjalan dengan baik. KCIC terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan persiapan pelayanan di stasiun dapat berjalan dengan maksimal.

"Saat ini pembangunan Stasiun KA Cepat Halim terus berjalan. Konstruksi struktur bangunan sudah hampir selesai dan saat ini sedang dilakukan percepatan penyelesaian untuk pekerjaan arsitektur yaitu dinding, langit-langit, fasad, dan atap serta pekerjaan mechanical, electrical dan plumbing," ujar Rahadian.

KCIC bersama para kontraktor menargetkan, bahwa pembangunan Stasiun Halim dapat rampung pada Juni 2023. KCIC akan terus mengawal pembangunan yang dilakukan, agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan selanjutnya.

Baca juga : Menhub & Kapolri Tinjau Situasi Arus Mudik Di Surabaya

Dalam kegiatan ini pula, dilakukan peninjauan kesiapan terkait retail management stasiun KA Cepat Halim. 

Sebagai bentuk kolaborasi KCIC dengan BUMN, pengelolaan area retail di Stasiun KA Cepat akan dilakukan oleh Sarinah. Kolaborasi ini ditandai dengan ditandatanganinya MoU antara KCIC dan Sarinah terkait pengelolaan dan pemasaran area retail seluruh Stasiun KCJB dan Stasiun Integrasi LRT Halim pada Oktober 2022.

"Kolaborasi dilakukan karena Sarinah dinilai telah berpengalaman dalam mengembangkan suatu properti menjadi sebuah pusat aktivitas dan perbelanjaan masyarakat. Stasiun KA Cepat Halim sendiri nantinya akan menjadi sebuah titik pertemuan bagi banyak orang yang menggunakan KCJB, LRT Jabodebek, dan berbagai moda transportasi lainnya" tambah Rahadian.

Untuk menjadikan KCJB yang sustainable, KCIC akan terus mengoptimalkan berbagai potensi pendapatan dari sisi non farebox. Adapun bentuk-bentuk pengusahaan asetnya tersebut meliputi penyewaan properti, retail, advertising, parking, utilitas, dan lainnya.

Baca juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mudik Naik Kereta Api

" Saya berharap kerja sama ini dapat memberikan pilihan terbaik dari produk lokal Indonesia yang terpilih dan  terkurasi oleh Sarinah, sehingga menjadikan KCJB sebagai Commercial Area yang dapat mengakomodir kebutuhan para pengguna layanan transportasi sekaligus menjadi destinasi wisata belanja sesuai dengan konsep "From commuter to customer". ujar Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.