Dark/Light Mode

Gercep Tinjau Lokasi Longsor Di Petak Jalan Sukatani-Ciganea

Dirut PT KAI Minta Maaf Karena Sejumlah Perjalanan KA Daop 2 Terganggu

Jumat, 5 Mei 2023 22:14 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya kelambatan sejumlah perjalanan KA dari dan menuju wilayah Daop 2 Bandung akibat adanya gangguan operasional yakni longsoran tanah yang terjadi pada petak jalan Sukatani-Ciganea.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo langsung menuju ke lokasi untuk meninjau longsoran itu. 

"Saya ketahan di Stasiun Plered dan sedang menuju lokasi longsoran," kata Didiek kepada RM.id, Jumat (5/5).

Baca juga : DPR Minta Tahapan Pemilu Jangan Sampai Terganggu

Didiek menjelaskan, longsor terjadi di 3 (tiga) titik pada petak jalan tersebut, tepatnya terjadi di KM 111+000 s/d 111+400 mengakibatkan jalur KA tidak dapat dilewati. Longsor di sejumlah titik tersebut disinyalir diakibatkan derasnya curah hujan pada daerah tersebut sejak sore hari.

“Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak longsoran tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan KA, Daop 2 Bandung melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi gangguan tersebut sehingga jalur bisa secepatnya dilewati, termasuk jika ada kemungkinan untuk melakukan rekayasa pola operasi KA,” kata Didiek.

Sejumlah KA yang terganggu perjalanannya yakni:

Baca juga : Ganjar Tegaskan Dirinya Masih Kader PDI Perjuangan

- KA Argo Parahyangan (KA 42) relasi Gambir - Bandung keberangkatan Stasiun Gambir pukul 18.30 WIB megalami kelambatan 38 menit

- KA Argo Parahyangan (KA 53) relasi Bandung - Gambir keberangkatan Stasiun Bandung pukul 19.20 WIB mengalami kelambatan 12 menit

- KA Cikuray (KA 7048) relasi Pasarsenen - Garut keberangkatan Stasiun Pasarsenen pukul 17.55 WIB mengalami kelambatan 35 menit

Baca juga : Sekjen Gerindra: Besok, Kita Kedatangan Tamu Mulia, Saudara Seperjuangan Dari PKB

Didiek menjelaskan, pihaknya telah mendatangkan 3 unit excavator untuk membuka kembali jalur lintasan. 1 dari KCIC dan 2 dari lokasi terdekat

“Hingga kini, Daop 2 Bandung terus melakukan pemantauan kondisi dilintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan KA di area jalur rel yang terdampak longsoran tersebut,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.