Dark/Light Mode

Ratusan Nyai Dan Ning Se-Jatim Sambut Meriah Kedatangan Ganjar Di Surabaya

Sabtu, 6 Mei 2023 17:58 WIB
Ratusan Nyai dan Ning se-Jawa Timur (Jatim) menyambut meriah kedatangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren An Nuriyah, Wonocolo Utara, Gg KH Zuber No. 18, Surabaya, Sabtu (8/5). (Foto: Ist)
Ratusan Nyai dan Ning se-Jawa Timur (Jatim) menyambut meriah kedatangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren An Nuriyah, Wonocolo Utara, Gg KH Zuber No. 18, Surabaya, Sabtu (8/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan Nyai dan Ning se-Jawa Timur (Jatim) menyambut meriah kedatangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren An Nuriyah, Wonocolo Utara, Gg KH Zuber No. 18, Surabaya, Sabtu (8/5).

Adapun, Nyai merupakan sebutan untuk istri kiai pengasuh pondok pesantren. Sementara ning adalah sebutan bagi anak dari kiai pengasuh pondok pesantren. 

Dalam kunjungan halal bi halal dan silaturahmi tersebut, Ganjar yang merupakan bakal calon presiden (bapares) 2024 dari PDIP datang mengenakan setelan kemeja khas putih beserta kopiah hitam. Ganjar didampingi sang istri Siti Atiqoh Supriyanti yang mengenakan pakaian muslimah merah.

Baca juga : BKM Pusat Siapkan Program Untuk Berdayakan Masjid Di Indonesia

Kedatangan Ganjar disambut meriah oleh iringan payung, hadroh arroghibin, hingga tarian ruddat dari para santri. Lantunan salawat mahalul qiyam juga menemani langkah Ganjar dari gang sempit menuju pintu masuk pondok pesantren tersebut.

Sesampainya di ponpes, Ganjar kembali disambut lantunan salawat dan iring-iringan hadroh. Kali ini, salawat dilantunkan ratusan nyai dan ning yang hadir dengan antusias.

“Shallallahu ‘ala Muhammad, shallallahu ‘alayhi wasallam. Ya habib salam ‘alayka, shalawatullah ‘alayka. Ya nabi salam ‘alaika, Ya Rosul salam ‘alaika,” lantun nyai dan ning.

Baca juga : Selat Bosphorus, Wabah, dan Udara Segar: Sebuah Kenangan Dan Wisata Kesehatan

Di dalam ruangan halal bi halal, Ganjar pun diberikan sorban putih dan sarung oleh Pimpinan Pondok Pesantren An Nuriyah, Nyai Ainur Rohmah. Sorban tersebut dibeli Nyai Ainur di tanah suci Makkah usai bertemu Ganjar saat menunaikan ibadah umrah Januari 2023 silam.

Ganjar pun menyalami satu per satu pimpinan ponpes yang ada di hadapan para nyai dan ning. Kemudian Ganjar dan istri duduk sederet bersama Nyai Ainur dan kiai sepuh yang hadir.

“Alhamdulillah kita semua bisa berkumpul di tempat ini,” syukur Ganjar dalam sambutannya.

Baca juga : Relawan KGN Siapkan Strategi Baru Menangkan Ganjar Pesiden 2024

Turut hadir Nyai khos atau Nyai sepuh dalam acara tersebut seperti Nyai H Ainur Rohmah, Nyai H Elok Zulaikhoh, Nyai H Khomsatun, Nyai H Wafiqoh Jamilah, Nyai H Ainun Jamilah, Nyai H Ainun Fadillah Fahmi, Nyai H Santi Hadzik, dan Nyai H Hisyam Syafaat.

Kemudian ada juga Kiai sepuh yang hadir antara lain KH Mas Sulaiman, KH Sosiuddin, KH Agus Diar, KH Moh Qodhi Syafi’i Al Habsy, KH Abdul Aziz, Habib Abdurrahman, KH Sholahuddin Azmi, KH Mas Nasrohuddin, KH Badul PP Sunan Giri, KH Kemas, KH Abdullah Qosim, KH Masduqi, KH Khamim Khodori, hingga Habib Hasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.