Dark/Light Mode

Gandeng Pemuda Bandung Gelar Performance Art

GMP Hadirkan Seni Tarian Hingga Teatrikal Di Braga

Minggu, 7 Mei 2023 14:14 WIB
Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) bersama sejumlah anak-anak muda penggiat seni Kota Bandung menggelar pertunjukan seni tari kontemporer, seni teatrikal yang diiringi alunan musik, hingga seni lukis dari Jalan Otto Iskandar Dinata sampai ke Taman Braga, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (6/5). (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) bersama sejumlah anak-anak muda penggiat seni Kota Bandung menggelar pertunjukan seni tari kontemporer, seni teatrikal yang diiringi alunan musik, hingga seni lukis dari Jalan Otto Iskandar Dinata sampai ke Taman Braga, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (6/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) bersama sejumlah anak-anak muda penggiat seni Kota Bandung menggelar pertunjukan seni tari kontemporer, seni teatrikal yang diiringi alunan musik, hingga seni lukis.

Acara bertajuk "performance art" ini diawali dengan pawai obor yang dimulai dari Jalan Otto Iskandar Dinata sampai ke Taman Braga, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (6/5).

Pada momen itu, sejumlah penari warnai rambut salah satu pelaku seni dengan cat putih seakan menggambarkan figur bakal calon presiden, Ganjar Pranowo yang identik dengan rambut putihnya.

Baca juga : Kiyai Muda Gelar Pertunjukan Seni Bela Diri Pencak Silat

"Di perempatan Braga ini, jadi (kami) menyimbolkan bahwa Indonesia itu perlu dukungan anak muda salah satu yang menjadi calon pemimpin muda nya itu diwakilkan sama Pak Ganjar," ucap Perwakilan GMP, Boy Ramdhan.

Penampilan tersebut dibanjiri antusiasme dari masyarakat yang lalu lalang memadati kawasan Braga. Di akhir sesi, kata "For Indonesia" pun dituliskan di sebuah kanvas.

Pada kanvas itu juga para penari dan masyarakat yang menonton ikut menuliskan harapannya terhadap pemimpin Indonesia ke depan.

Baca juga : Yang Belum Bayar, Buruan! Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang Hingga 12 Mei

Performance art ini adalah salah satu bentuk euforia menyambut kontestasi pemilihan presiden 2024 mendatang dengan harapan mendapatkan figur pemimpin konsen terhadap seni budaya, merakyat, demokratis, dan anti-korupsi.

"Jalan Braga salah satu pusat wisatawan yang datang ke Bandung juga akan memberikan satu pengingat bahwa kami memang harus mensupport siapapun yang akan jadi pemimpin negara kami nanti, salah satunya yang akan kami support adalah pak Ganjar Pranowo. Dia mewakili anak-anak muda yang lebih muda, berani, dan sangat nasionalis," tutup Boy.

Salah satu penari, Angeline Azhar (22) mengaku pertunjukan seni kali ini disajikan untuk merepresentasikan sosok pemimpin berambut putih, yakni Ganjar Pranowo yang mendukung anak-anak muda maupun seni budaya Indonesia.

Baca juga : Perjuangan Ugik, Pedagang Gorengan Asal Madiun Dengan Kostum Roro Jonggrang

"Kami mau menampilkan seni-seni pertujukan di dalamnya itu ada seni kontemporer, seni lukis, dan ada seni karawitan. Bentuk penyajian yang kami bawakkan itu disampaikan kepada calon presiden yang berinisial dengan berwarna putih," kata Angeline.

Angeline berharap, Ganjar dapat mendorong anak-anak muda dengan berbagai kegiatan positif seperti bidang seni dan budaya sehingga merangsang kreativitas dan inovasi.

"Yang kami harapkan sebagai penggiat seni untuk Pak Ganjar ini sendiri agar mensupport dan mendukung kesenian-kesenian yang ada di Indonesia khususnya anak-anak muda," ujar Angeline. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.