Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo Sowan Ke Abah Suyuthi Di Kendal, Ini Yang Dibicarakan

Selasa, 9 Mei 2023 15:44 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke Pondok Pesantren Manbaul Hikmah yang berada di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Ganjar disambut langsung pengasuh sekaligus pendiri ponpes, KH Suyuthi Murtadlo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke Pondok Pesantren Manbaul Hikmah yang berada di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Ganjar disambut langsung pengasuh sekaligus pendiri ponpes, KH Suyuthi Murtadlo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sowan ke Pondok Pesantren Manba'ul Hikmah yang berada di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Ganjar disambut langsung pengasuh sekaligus pendiri ponpes, KH Suyuthi Murtadlo.

Ganjar mengatakan, hubungan kekerabatannya dengan keluarga KH Suyuthi atau akrab disapa Abah Suyuthi cukup dekat.

Bahkan, setiap kedatangannya ke ponpes selalu dihidangkan sambal terong sebagai menu favorit.

Baca juga : Ganjar Pranowo Ajak Mahasiswa Optimalkan Potensi Daerah Lewat Kurikulum Pendidikan

"Kalau kemarin di tempat Mbah Mus (KH Ahmad Mustofa Bisri) sambal terongnya khusus, ini sambal terongnya lain lagi. Jadi memang ngangeni (dirindukan) sambal terongnya," ujar Ganjar usai sowan pada Selasa (9/5).

Sebelumnya, saat sowan ke KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di Ponpes Raudlatut Thalibin Rembang, Ganjar juga menyantap sambal terong.

Sehingga Ganjar mengumpamakan, keseringannya menyantap sambal terong saat sowan ke para ulama sebagai 'komunikasi sambal terong'.

Baca juga : Hasil Musra: Ganjar Pranowo Raih Suara Terbanyak

"Itulah komunikasi sambal terong," kata Ganjar.

Kendati demikian, pertemuan Ganjar dengan Abah Suyuthi dibarengi dengan pembicaraan ihwal kepemerintahan hingga situasi bangsa dan negara saat ini.

Nasihat-nasihat yang diberikan Abah Suyuthi, kata Ganjar, selalu dapat menyejukkan dan mencerahkan.

Baca juga : Ganjar Wujudkan Keinginan Siswa SD Di Republik Anak Kenalan Magelang

"Abah Suyuthi selalu saja memberikan banyak sekali petuah, tentang pemerintahan, tentang situasi politik karena beliau juga paham kondisi ini," ucap Ganjar.

"Selalu pesan-pesan yang menyejukkan, yang damai, karena seluruh keluarga ini sejak dulu saya di pemerintahan, kontestasi pemilihan gubernur, memberikan doa dan dukungan," sambung Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.