Dark/Light Mode

Hasil Musra: Ganjar Pranowo Raih Suara Terbanyak

Senin, 8 Mei 2023 17:59 WIB
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Rakyat yang digelar di 30 provinsi telah menetapkan tiga nama bakal calon presiden yang akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama dengan raihan suara terbanyak.

Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Andi Gani Nena Wea membacakan tiga nama yang masuk tiga besar bacapres. Yakni Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Nama-nama yang masuk tiga besar, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga," kata Andi Gani dalam konferensi pers di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/5).

Baca juga : Erick: Saya Tegak Lurus Pak Jokowi

Ketika ditanya apakah pembacaan nama-nama tersebut sesuai urutan peraih suara terbanyak. Andi Gani membenarkan.

"Ya sesuai urutan peringkat pertama Pak Ganjar Pranowo," katanya dalam wawancara terpisah usai konferensi pers.

Meski demikian, lanjut Andi, pihaknya akan menyerahkan tiga nama tersebut tanpa pemeringkatan kepada presiden pada acara Puncak Musra pada Minggu 14 Mei di Istora Senayan.

Baca juga : Anies Dan Ganjar Mulai Rebutan Suara Jawa Timur

"Kami serahkan dalam amplop tertutup kepada Pak Jokowi hari Minggu nanti, beliau nanti yang akan memutuskan," katanya.

Apakah relawan Jokowi berharap capres yang didukung nanti sesuai hasil Musra, yang artinya memilih Ganjar Pranowo, Andi tidak mengelak. Menurutnya, hasil Musra sudah menggambarkan siapa capres yang menjadi harapan tertinggi relawan.

"Sebagian besar relawan Jokowi sudah memutuskan mendukung Pak Ganjar, meski ada juga yang mendukung Prabowo dan lain-lain. Tapi sebagian besar sudah ke Pak Ganjar," jelasnya.

Baca juga : PPP Gelar Program Green Action Di Semarang

Terlepas dari itu, Andi menyatakan akan menghormati apapun pilihan Jokowi.

"Pak Jokowi punya pertimbangan politik sendiri, dan relawan setuju menunggu instruksi pak jokowi," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.