Dark/Light Mode

Keren Euy, Aplikasi Haji Pintar Dapat Penghargaan Terbaik Dari Kementerian Saudi

Selasa, 10 Januari 2023 20:24 WIB
Dirjen PHU Hilman Latief menerima penghargaan dari Menteri Haji Saudi Tawfiq F Al Rabiah. (Foto: Humas Kemenag)
Dirjen PHU Hilman Latief menerima penghargaan dari Menteri Haji Saudi Tawfiq F Al Rabiah. (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia mendapatkan penghargaan tertinggi dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dalam hal pelayanan kepada jemaah haji. Terutama, dalam penyediaan aplikasi Haji Pintar.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Haji dan Umrah Tawfiq F Al Rabiah kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latif di Superdome, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (10/1), di sela penyelenggaraan Pameran Haji dan Umrah.

Pemerintah Indonesia dinilai berhasil mengkoordinasikan jemaah untuk berlaku disiplin saat menjalani ibadah haji tahun 2022, di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dirjen PHU Hilman Latif pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi, atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

“Alhamdulillah, satu lagi penghargaan diperoleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Haji Pintar didaulat sebagai aplikasi haji terbaik oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi,” tutur Hilman.

Baca juga : Sandera Pengantar Pizza Gara-gara Tak Bawa Soda

Ini tidak lepas dari arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang terus mengingatkan agar Kemenag - khususnya Ditjen PHU - dalam menyediakan layanan yang murah, mudah, dan berdampak langsung kepada masyarakat. Terutama, jemaah haji dan umrah.

Dalam musim haji lalu, Menteri Yaqut juga terus memompa semangat para petugas haji, untuk tak henti-henti mengingatkan jemaah untuk selalu disiplin menjaga kesehatan, taat protokol kesehatan, dan tertib saat menunaikan rangkaian ibadah haji saat di Tanah Suci di kala pandemi.

"Para petugas pun terlihat dengan gigih dan konsisten mengingatkan para jemaah atas arahan Gus Men tersebut, serta memberikan layanan profesional kepada para jemaah," paparnya.

Hilman mengatakan, apresiasi ini adalah bentuk pengakuan dari Kerajaan Arab Saudi, atas manajemen penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan Kementerian Agama.

Dia bilang, selama ini manajemen penyelenggaraan ibadah haji Indonesia banyak mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak.

Baca juga : Perusahaan Penyuap Lukas Enembe Bergerak Di Bidang Farmasi, Nggak Pengalaman Ngerjain Konstruksi

"Setiap penyelenggaraan ibadah haji, kami kedatangan tamu para delegasi haji dari berbagai negara. Mereka datang untuk sharing terkait praktik, baik penyelenggaraan ibadah haji,” ujar Hilman.

"Bahkan, pada Oktober 2022, Komisi Nasional Haji Nigeria sengaja datang ke kantor Kementerian Agama di Jakarta untuk berdiskusi tentang manajemen haji,” tuturnya.

Hilman menambahkan, aplikasi Haji Pintar ini dikembangkan Kemenag sebagai bagian dari terobosan, dalam mengefektifkan tata kelola penyelanggaraan ibadah haji.

Aplikasi ini memudahkan jemaah untuk melakukan estimasi keberangkatan mereka. Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan sejumlah konten manasik. Sehingga, bisa menjadi sarana belajar jemaah.

"Untuk lebih optimal, Haji Pintar kini sudah terintegrasi dengan Pusaka Superapps Kementerian Agama,” jelasnya.

Baca juga : Ferrari Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik Periode Agustus

Terkait pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun 1444 H/2023 M, Hilman berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada para jemaah. Serta meminta mereka tetap konsisten menjaga kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Yaqut juga telah mengingatkan para jemaah haji untuk terus menjaga kesehatan agar dalam menjalani rangkaian ibadah haji tetap sehat, bugar, dan prima.

Dia juga meminta para jemaah haji mendalami manasik haji.

"Meski pandemi mereda, ikhtiar menjaga kesehatan jemaah menjadi hal penting. Apalagi, jemaah tahun ini diperkirakan banyak yang masuk kategori lansia. Ini harus menjadi perhatian seluruh petugas haji,” papar Menag Yaqut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.