Dark/Light Mode

Dinilai Ramah Dan Dekat Dengan Rakyat

Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

Rabu, 17 Mei 2023 08:00 WIB
Ganjar Pranowo bertemu ribuan kepala desa se-Provinsi Jawa Barat di Bandung, Minggu (15/3/2023). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar).
Ganjar Pranowo bertemu ribuan kepala desa se-Provinsi Jawa Barat di Bandung, Minggu (15/3/2023). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan kepada calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo terus mengalir. Teranyar, datang dari sejumlah tokoh dan budayawan Sunda, serta organisasi kemasyarakatan Angkatan Muda Siliwangi (AMS). Warga Jawa Barat begitu sayang ke Ganjar karena dianggap sebagai pemimpin yang ramah dan dekat dengan rakyat.

Ketua Umum AMS, Noery Ispandji Firman mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada Ganjar, lantaran Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mencerminkan pemimpin yang barakter orang Sunda yaitu nyunda, nyantri, nyakola atau mempunyai karakter berperilaku sopan, taat beribadah, dan berpendidikan. Karena itu, kata dia, wajar kalau Ganjar disayang orang Sunda.

Baca juga : Di Hadapan Calon Dubes, Ridwan Kamil: Promosikan Potensi Unggulan Jawa Barat

Kunjungan Ganjar ke Kota Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu, mendapat sambutan meriah dari warga. Salah satu yang menjadi sorotan adalah saat Ganjar menghadiri acara Silaturahmi Budaya Tokoh dan Inohong (tokoh) Sunda, di Saung Angklung Mang Udjo, Kecamatan Cibeunying.

Di acara tersebut, Ganjar mendapatkan gelar apresiasi sebagai “Warga Kehormatan Masyarakat Sunda”. Sebagai simbol kehormatan, perwakilan tokoh budaya Sunda yang juga Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Noery Ispandji Firmanmemberikan baju pangsi Sunda berwarna hitam kepada Ganjar.

Baca juga : Ganjar Pranowo Disematkan Gelar Warga Kehormatan Masyarakat Sunda

Sepekan sebelumnya, Noery juga mendeklarasikan dukungan AMS kepada Ganjar sebagai capres. Bagaimana ceritanya para tokoh dan budayawan Sunda memberikan dukungan kepada Ganjar?

Noery menyampaikan, dukungan yang diberikan AMS dan para budayawan Sunda kepada Ganjar itu tidak mendadak. Namun, sudah melalui berbagai pertimbangan dan komunikasi dengan para senior hingga akhirnya memutuskan mendukung Ganjar.

Baca juga : Kiyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Ikan Air Tawar Di Kabupaten Tuban

Noery menceritakan, komunikasi dengan Ganjar dimulai sebelum Puasa. Saat itu, kata dia, Ganjar mengundangnya ke Semarang. Namun, ia menolak undangan tersebut. Sebagai bentuk tata krama, Noery ingin Ganjar yang datang ke Jawa Barat. Soal tempat bisa digelar di mana saja. Boleh di Bogor, Bandung, atau mana saja, yang penting di daerah Jawa Barat. Menurut dia, permintaan itu penting agar AMS sebagai organisasi kemasyarakatan di Jawa Barat merasa tersanjung.

Tiga hari berselang, Ganjar menyambut hangat undangan pertemuan itu. Ganjar dan Noery lalu menggelar pertemuan di Bekasi. Kebetulan saat itu, Ganjar baru ada acara di Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.