Dark/Light Mode

Ini Sosok Yang Dinilai Tepat Duduki Kursi Menkominfo

Sabtu, 27 Mei 2023 10:51 WIB
Wakil Sekjen HIPMI Anthony Leong. (Foto: Istimewa)
Wakil Sekjen HIPMI Anthony Leong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menunjuk pengganti Menteri Komunikasi dan Informatika yang ditinggal Johnny G Plate karena tersandung dugaan kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS).

"Penggantinya harus punya kompetensi dan rekam jejak yang baik," kata Wakil Sekjen HIPMI Anthony Leong, Sabtu (27/5).

Beberapa nama tokoh mulai mencuat menjadi kandidat Menkominfo. Di antaranya bos MNC Group yang juga Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, hingga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Baca juga : Johnny Plate Jadi Tersangka Dugaan Korupsi, Menkominfo Bakal Dijabat Plt

"Jika dilihat sosok Andika Perkasa, Harry Tanoe, Ririek Adriansyah, juga ada nama Wishnutama Kusubandio bisa jadi opsi terbaik Presiden Jokowi," sambungnya.

Menurut pakar digital itu, Menkominfo harus diisi orang yang memiliki rekam jejak dan kompetensi dalam bidang mengkomunikasikan telekomunikasi.

"Indonesia harus menjadi negara yang maju, punya infrastruktur kuat dalam hal segi teknologi informasi, telekomunikasi, ini backbone ada di Kementerian Komunikasi dan Informatika," terang Anthony. 

Baca juga : Jokowi Desak Isu Myanmar Diselesaikan Dengan Duduk Bersama

Selain itu, dia bilang, sekarang merupakan momentum Jokowi untuk memperbaiki persepsi dan citra kepemimpinan.

Menteri yang potensi bermasalah, tegas Direktur Polieco Digital Insights Institute (PEDAS) ini sebaiknya di-reshuffle.

"Menkominfo yang baru akan menentukan masa depan telekomunikasi di Indonesia. Harus punya visi besar dan paham tentang permasalahan dunia telekomunikasi, digital dan komunikasi, cyber, dan lainnya," tutup Anthony.

Baca juga : KAI Siapkan 6.9 Juta Tempat Duduk Di Masa Angkutan Lebaran

Diketahui, kursi Menteri Komunikasi dan Informatika yang ditinggal Johnny G Plate karena tersandung kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) hingga kini masih lowong. Sementara, Presiden Jokowi menunjukan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai pelaksana tugas (Plt) Menkominfo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.