Dark/Light Mode

Yandri Susanto: Pemilu 2024, PAN Target 65 Kursi Senayan

Minggu, 26 Februari 2023 21:26 WIB
Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto saat menyampaikan arahan dan target pemenangan PAN di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024  di Semarang, Minggu (25/2). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto saat menyampaikan arahan dan target pemenangan PAN di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Minggu (25/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, menyampaikan arahan dan target pemenangan PAN dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Minggu (25/2). Yandri Susanto menyebut PAN menargetkan 65 kursi DPR RI pada Pemilu 2024. 

Dalam arahannya, Yandri Susanto mengatakan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 ini merupakan kelanjutan dari Rakornas serupa yang digelar pada Februari 2022 di Jakarta.

Rakornas Pemenangan Pemilu ini digelar PAN saat tahapan pemilu memulai persyaratan pencalegan. "Kita telah mencanangkan untuk DPR RI sebanyak 65 kursi," ujarnya di depan ribuan kader PAN.

Menurut Yandri, target 65 kursi DPR tidak mengada-ada karena sudah dilakukan mapping (pemetaan) secara detil antara lain mencermati jejak kursi yang pernah diperoleh PAN.

Baca juga : Polemik Sistem Pemilu Bikin Parpol Deg-degan

"Saat ini kursi PAN di DPR RI sebanyak 44 kursi. Tetapi banyak daerah pemilihan yang saat ini tidak ada wakil PAN, tetapi pada masa lalu ada wakil dari PAN, artinya ada jejak kursi yang diraih PAN," tutur anggota DPR RI dari Dapil Banten II ini.

Yandri memberi contoh Provinsi Jawa Tengah. Selama empat kali Pemilu, PAN selalu meraih 8 kursi dari Jawa Tengah. Tetapi pada Pemilu 2019, PAN sama sekali tidak meraih kursi DPR RI atau 0 kursi dari Jawa Tengah. "Delapan kursi hilang," ucapnya.

Alasan itulah antara lain Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 ini digelar di Semarang, Jawa Tengah.

"Kita ingin mengembalikan 8 kursi PAN di DPR RI dari Jawa Tengah. Kita ingin membangkitkan kembali semangat kader PAN di Jateng. Tujuannya agar target raihan kursi DPR bisa tercapai dan terisi," ujarnya.

Baca juga : SBY Turun Gunung

Bahkan, lanjut Yandri, untuk memenuhi target itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan "turun gunung" dengan pindah daerah pemilihan dari Dapil Lampung I ke Dapil Jateng I meliputi kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga dan Kendal untuk memastikan kursi PAN dari Jawa Tengah.

"Ketua Umum akan memimpin 'pertarungan' di Jawa Tengah Ada caleg mantan Kapolda, purnawirawan, artis, dan lainnya. Kita akan kembalikan 8 jumlah kursi PAN DPR RI," imbuhnya.

Yandri menambahkan target 65 kursi DPR RI sudah di-mapping dan didistribusikan, tinggal mengatur caleg-caleg untuk provinsi, kabupaten, dan kota.

"Kita minta para caleg untuk melengkapi persyaratan karena DCS akan diumumkan pada 20 Agustus 2023. Kita akan memulai pemberkasan," sambungnya.

Baca juga : AHY Terus Panasin Mesin

"Kita berharap PAN akan berjaya dengan mengantarkan 65 kursi di DPR RI," harapnya.

Yandri juga menegaskan bahwa dalam Rakornas Pemenangan Pemilu ini kembali ditegaskan bahwa urusan calon presiden dan calon wakil presiden diserahkan secara penuh kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Kita akan mempertegas kembali dalam Rakornas ini mengingat dinamika, komunikasi, konsolidasi masih sangat dinamis menuju pendaftaran capres dan cawapres," pungkasnya.

Sebelumnya pada pagi hari, Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu itu. Hadir dalam Pembukaan Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, sejumlah artis PAN, pengurus DPW, dan sekitar 2.400 kader PAN. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.