Dark/Light Mode

BPBD Muba Gelar Sosialisasi Cegah Kebakaran Hutan

Senin, 29 Mei 2023 19:44 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui BPBD menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan Karhutbulah(Karhutbulah) di Gedung Serbaguna Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Senin (29/5). (Foto: Istimewa)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui BPBD menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan Karhutbulah(Karhutbulah) di Gedung Serbaguna Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Senin (29/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbulah) di Gedung Serbaguna Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh, Senin (29/5).

"Ini (sosialisasi Karhutbulah) kita lakukan untuk menindaklanjuti karena dalam beberapa hari terakhir di Kecamatan Sungai Keruh ada terpantau beberapa titik api," kata Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan dalam keterangannya, Senin (29/5).

Dikatakannya kegiatan tersebut dilaksanakan bersama pihak Kecamatan Sungai Keruh, Kodim 0401 Muba, Polres Muba melalui Polsek dan Koramil setempat serta Manggala Agni dengan mengumpulkan lebih kurang 300 orang masyarakat yang terdiri dari, kades 10 orang, sekdes 10 orang, Kadus 67 orang, Ketua RT 200 orang, Masyarakat Peduli Api diwakili 5 orang, serta perusahaan.

Baca juga : Gregoria Benamkan Sindhu

"Pada kesempatan ini, kita menyampaikan perkembangan terkini Kecamatan Sungai Keruh bahwa terjadi peningkatan titik api. Untuk itu kita meminta seluruh eleman Pemdes, masyarakat dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan," ucapnya.

Kepala BPBD Muba juga mengimbau untuk membentuk posko di tingkat desa/dusun guna memantau bila terjadi kebakaran lahan dan hutan.

"Posko pemantauan ini penting kita dirikan supaya apabila terjadi Karhutbulah bisa cepat diketahui dan ditanggulangi," imbuhnya.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Apresiasi NU Atas Semangat Majukan Jakarta

Selain itu, dia mengingatkan aparat penegak hukum juga akan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan khususnya pembakaran lahan dan hutan.

Sementara itu, Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mengingatkan seluruh Camat tidak boleh meninggalkan tempat tanpa seizin pimpinan dan segera melakukan sosialisasi secara berjenjang sampai kepala desa dan lurah.

Dia mengimbau seluruh warganya tidak membuka lahan kebun dengan cara membakar. Karena berpotensi saat ini penyebab kebakaran hutan di musim sangat terik memasuki musim kemarau.

Baca juga : DPR Apresiasi Kinerja Pemerintah Kelancaran Mudik Lebaran

"Jangan sampai terulang kejadian kebakaran lahan dan perkebunan di Musi Banyuasin seperti waktu yang lewat. Ayo kita bersama menjaga daerah kita zero asap," ajaknya.

"Warga atau yang kedapatan membakar lahan dan kebun dengan cara membakar akan mendapatkan sanksi yang tegas sesuai aturan yang berlaku. Ayo kita jaga wilayah Muba bersama," imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.