Dark/Light Mode

Sekjen LHK Ajak Pimpinan Bangsa Teladani Nilai Pancasila

Kamis, 1 Juni 2023 11:03 WIB
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Upacara pancasila dengan tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global ini berlangsung di Gedung LHK Jakarta Kamis (1/6).

Dalam pidatonya, inspektur upacara yang dipimpin Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Tema ini mengajak kita untuk merenungkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Keceriaan, gotong royong dan persaudaraan harus selalu hadir dalam setiap tindakan kita. Dengan pemikiran ini kita dapat membangkitkan generasi yang siap membantu membangun peradaban yang lebih baik dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan global," ujar Bambang saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Gus Halim: Pembangunan Desa Mustahil Terlaksana Tanpa Data

Menurutnya, peradaban yang maju dan berkelanjutan membutuhkan partisipasi aktif dari setiap individu.

"Kita tidak bisa mengandalkan hanya satu pihak atau kelompok untuk mencapai tujuan.Melalui semangat gotong royong, kita dapat membangun landasan yang kokoh dan menyeluruh untuk mewujudkan peradaban adil dan lestari," ujarnya.

Tidak hanya dalam kerangka nasional, kata Bambang gotong royong juga sangat penting dalam pembangunan global.

Di zaman yang semakin terhubung ini negara-negara saling bergantung dan saling mempengaruhi. Karena itu, kerja sama dengan negara lain sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan ketidak setaraan.

Baca juga : Sekjen LHK Sampaikan Arahan Kebijakan Pengelolaan Hutan Di Jabar

Melalui gotong royong, diyakini dapat mengatasi masalah ini bersama-sama dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk seluruh dunia.

"Tanggung jawab ini ada di tangan kita. Mari semangat gotong royong menjadi bagian dari identitas dan kepribadian kita," katanya.

Terakhir, Bambang mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan.

Baca juga : Kepala BPIP Ajak Masyarakat Ikut Upacara Harlah Pancasila

Upacara ini diikuti oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, pejabat fungsional, dan perwakilan dari masing-masing unit Eselon I KLHK.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.