Dark/Light Mode

Nggak Tahan Panas Jakarta, Pembalap Formula E Bawa Kolam Dan Mandi Air Es  

Kamis, 1 Juni 2023 15:51 WIB
Pembalap Formula E saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/6). (Foto: Dede/RM)
Pembalap Formula E saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/6). (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua hari lagi, Formula E seri ke-10 akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6). Sehari kemudian, di sirkuit yang sama, akan diselenggarakan seri ke-11. Penitia penyelenggara balap mobil listrik ini sudah bersiap. Begitu juga dengan pembalap beserta krunya. 

Sejumlah pembalap bahkan sudah melakukan berbagai persiapan. Seperti juara Formula E Jakarta 2022, Mitch Evans. Pembalap tim Jaguar yang sudah pernah datang ke Indonesia sebelum adanya gelaran Formula E mengaku antusias. Evans menyebut, seri di Jakarta bakal seru. Sebab Jakarta akan menggelar double header atau dua hari pertandingan. 
 
Dia bilang, double header dapat membantu memperbaiki performanya.

"Kalau hari pertama kurang bagus, akan ditingkatkan di hari berikutnya," kata Evans saat even Formula E "Unplugged Screening" di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (1/6). 
 
Menghadapi balapan, Evans bilang tidak ada persiapan khusus terkait teknis maupun mesin mobil. Dia hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca di Jakarta yang sangat panas.

Baca juga : Baru Terjual 70 Persen, Jakpro Optimis Tiket Formula E 2023 Ludes Sebelum Hari H

“Saya jadi dehidrasi, sering minum dan lebih menjaga kesehatan,” ujarnya. 
 
Untuk mengakali cuaca panas, Evans bahkan membeli kolam portable ukuran kecil untuk berendam dan mandi pakai air es. Cuaca yang panas ini, lanjut dia, akan mempengaruhi performa ban dan membuat cepat lelah ketika balapan.

“Tahun lalu yang satu sesi saja capek, tahun ini kemungkinan bakal lebih menguras energi,” jelas Evans yang berharap bisa kembali naik podium di sirkuit Formula E Jakarta 2023.  

Hal senada diungkap Dan Ticktum. Pembalap Nio 333 Racing ini menyebut, cuaca panas akan membuat race Jakarta ini penuh dengan tantangan. Baik untuk fisik maupun kendaraan.

Baca juga : Beli Tiket Formula E Bisa Di Bank Mandiri, Begini Caranya

“Terutama untuk ban,” kata Dan. 

Selain itu, kondisi sirkuit Formua E Jakarta yang banyak belokan juga akan menjadi tantangan ketika balapan digelar. Belokan bakal menjadi titik dimana pembalap bermanuver, menyalip lawan. Untuk mengatasi cuaca panas, Dan juga meminta krunya membawa kolam portable.

“Saya juga pakai jaket untuk menghalau panas,” ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.