Dark/Light Mode

Di Harlah Pancasila, Jokowi Bilang Indonesia Tak Bisa Didikte Siapapun

Kamis, 1 Juni 2023 20:14 WIB
Di Harlah Pancasila, Jokowi Bilang Indonesia Tak Bisa Didikte Siapapun

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyelipkan sejumlah pesan penting dalam amanatnya di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, tadi pagi, Kamis (1/6). Salah satunya, ia menegaskan bahwa Indonesia tak bisa didikte oleh siapapun.

"Inilah Indonesia, Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte oleh negara manapun, namun siap selalu siap berkontribusi bagi dunia," ucap Jokowi di dalam amanatnya.

Baca juga : Peringati Hari Kelahiran Pancasila, BNPT Ingatkan Semangat Gotong Royong

Ia menjelaskan bahwa, posisi Indonesia di dunia sejajar dengan bangsa lain. Sehingga Indonesia selalu siap untuk bekerja sama, memimpin atau berkolaborasi dengan negara manapun. Termasuk menjadi jembatan atas perbedaan di dunia.

"Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia," lanjutnya. 

Baca juga : Ganjar Ajak Kades Bersama Perjuangkan Kemakmuran Rakyat

Jokowi yang hari itu tampil dengan busana adat Kesultanan Deli mengatakan bahwa Presidensi G-20 yang pernah dipegang Indonesia juga telah sukses dilaksanakan. Keketuan ASEAN tahun ini, sebutnya juga merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tetapi juga sangat relevan untuk dunia. 

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semuanya untuk menolak ekstremisme, menolak politisasi identitas, menolak politisasi agama," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.