Dark/Light Mode

Innalillahi, Penyair Dan Ilmuwan Politik Mochtar Pabottingi Meninggal Dunia

Minggu, 4 Juni 2023 12:56 WIB
Pakar politik Mochtar Pabottingi. (Foto: Ist)
Pakar politik Mochtar Pabottingi. (Foto: Ist)

Pakar politik Mochtar Pabottingi meninggal dunia pada Minggu dini hari (4/6) sekitar pukul 00.30 WIB. Kabar tersebut dibenarkan oleh bekas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un. Telah berpulang kehadirat Illahi, Bapak Mochtar Pabottingi, Minggu dini hari (4/6)," kata Yudi dalam pesan singkatnya, dikutip Minggu (4/6).

Yudi mengatakan jenazah Mochtar rencananya akan dibawa ke rumah duka di Jalan Plafon 1/12, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, sebelum dimakamkan.

Mochtar Pabotinggi sebelumnya, menjalani perawatan di Rumah Sakit EMC, Pulo Mas, Jakarta Timur. Ia dikabarkan terkena serangan jantung pada 22 April 2023 saat Hari Raya Idul Fitri 2023.

Dikutip dari id.wikipedia.org  Mochtar Pabottingi, (lahir 17 Juli 1945), adalah seorang penulis Indonesia, terutama puisi. Sejumlah puisinya dipilih Linus Suryadi AG dimuat dalam antologi puisi Tonggak 3 (1987). Namun banyak orang mengenal ia sebagai seorang peneliti daripada penulis puisi. Mochtar adalah seorang Peneliti Utama bidang perkembangan politi nasional di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca juga : Srikandi Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Menenun Kain Ulos

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 1973 ia menamatkan kuliahnya di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada. Tahun 1984 lulus M.A. dari Universitas Massachusets Amerika Serikat, dan tahun 1989 lulus Ph.D dari Universitas Hawaii, Honolulu, Amerika Serikat. Ia pernah menjadi redaktur Mercu Suar dan Harian Kami (keduanya edisi Sulawesi Selatan), Ketua Seni Budaya Muslim Indonesia di Ujungpandang, penggiat Teater Gadjah Mada, redaktur majalah Titian, dan sebagai peneliti LIPI di Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.