Dark/Light Mode

PAN: Jadi Cawapres Dengan Elektabilitas Tertinggi, Erick Bukan Kaleng-Kaleng

Minggu, 4 Juni 2023 16:17 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) dengan tegas akan mengusung Erick Thohir, sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, hal ini sejalan dengan hasil Rakernas partai pada tahun lalu, yang menetapkan nama mantan Presiden Inter Milan itu untuk menjadi Cawapres.

Yandri menekankan, Erick Thohir menjadi satu-satunya nama yang akan diajukan PAN, untuk mendampingi Capres.Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

"Saya sudah sering katakan, (capres) PAN itu antara Prabowo atau Ganjar, atau Airlangga dengan Zulkifli Hasan. Cawapres, Insya Allah Erick Thohir," ujar Yandri, saat rilis hasil survei nasional bertajuk Saling Salip Elektabilitas Capres dan Cawapres Jelang 2024 di Jakarta, Minggu (4/6).

Baca juga : Survei Fixpoll, Elektabilitas Probowo Subianto Tertinggi Di Jatim

Menurutnya, pilihan PAN kepada Prabowo atau Ganjar serta Erick, sejalan dengan hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia, yang menempatkan ketiganya sebagai Capres dan Cawapres dengan elektabilitas tertinggi.

Yandri tak kaget melihat tingginya elektabilitas Erick, sebagai Cawapres Yandri. Dia bilang, ini adalah bukti nyata masyarakat mengapresiasi kerja keras Erick  dalam memperbaiki wajah sepak bola Indonesia.

Apalahi, Erick juga berhasil menghapus dahaga gelar sepak bola Indonesia, yang berhasil membawa pulang medali emas SEA Games, setelah 32 tahun penantian.

Yandri menilai, keberhasilan Erick dalam sepak bola memberikan kepuasan bagi masyarakat. Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia, baik anak-anak, orang tua, laki-laki dan perempuan, warga di perdesaan dan perkotaan, menyukai sepak bola.

Baca juga : Rajin Terjun Ke Masyarakat, Elektabilitas Perindo Melesat

"Bang Erick sudah membuat sesuatu yang luar biasa. Termasuk yang tidak mungkin menurut orang: membawa Messi dan Argentina yang baru juara Piala Dunia ke Indonesia. Artinya, yang kami usung bukan sesuatu yang kaleng-kaleng," ucap Yandri.

Erick Thohir sebagai Cawapres menjadi syarat bagi PAN, dalam pertemuan penjajakan koalisi dengan PDIP beberapa waktu lalu. Juga Gerindra dalam waktu dekat.

"Ini pertimbangan buat Ganjar atau Prabowo. Seperti pembahasan internal, Erick Thohir jadi Cawapres adalah syarat kami. Meski keputusan ada di Pak Ketum PAN Zulhas," papar Yandri.

Hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia untuk periode 26 Mei-30 Mei 2023, menempatkan Erick Thohir sebagai kandidat cawapres paling banyak dipilih responden.

Baca juga : Top Nih! AP I Dinobatkan Jadi Perusahaan Dengan Transaksi Tertinggi Di Pasar Digital UMKM

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Erick Thohir berada di posisi teratas dalam simulasi 22 nama cawapres dengan 14,8 persen suara responden. 

Erick unggul tipis sekitar 0,02 persen dari Ridwan Kamil.

Mantan Presiden Inter Milan itu kembali menjadi pilihan mayoritas responden, dalam simulasi 18 nama cawapres dengan suara sebanyak 15,5 persen. Atau unggul dari Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua, dengan mengantongi angka 15,4 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.