Dark/Light Mode

Rakyat Kecil, Raja, Ulama, Seniman, Milenial Silaturahmi Akbar Di Sidoarjo

Dukungan Ke Ganjar Terus Mengalir Deras

Minggu, 11 Juni 2023 08:02 WIB
Capres Ganjar Pranowo: (Foto: Ist)
Capres Ganjar Pranowo: (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan kepada capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo terus mengalir. Teranyar, Gubernur Jawa Tengah dua periode ini, mendapat dukungan dari 160 kelompok relawan dari berbagai latar belakang, mulai petani, artis ibukota, hingga para raja nusantara. 

Dukungan dari ratusan kelompok relawan ini, diramu dalam acara Silaturahmi Akbar Relawan Ganjar Pranowo yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin. Acara yang mengangkat tema Merawat Jiwa Nusantara ini, menggaungkan tagline "Ganjar untuk Semua". 

Acara ini mendapat sambutan hangat dari warga Jawa Timur. Sejak siang, area GOR Delta Sidoarjo terpantau padat didatangi puluhan ribu orang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Mulai dari petani, nelayan, pemilik warteg, sopir truk, driver taksi dan ojek, emak-emak, kalangan milenial, kaum profesional, tokoh adat, ustadz dan ulama, hingga aktivis mahasiswa dan alumni perguruan-perguruan tinggi. Mereka membawa atribut masing-masing. Sebagian mengenakan pakaian adat nusantara.  

Tepat pukul 2.30, relawan dan pengunjung mulai masuk ke dalam stadion. Acara kemudian dimulai dengan parade relawan, dan dilanjutkan  pagelaran musik tari yang membuat acara semarak dan meriah. Acara semakin meriah karena dihibur artis kondang Ibukota seperti Dewi Persik, Soimah, Sule, Srimulat, Denny Cak Nan, Kezia Caroline, Maria Calista, dan Abah Lala.

Di acara ini, beberapa kelompok relawan diberikan kesempatan naik ke atas panggung untuk membacakan deklarasi dukungan kepada Ganjar. Acara kemudian diakhiri dengan orasi kebangsaan dari Ganjar. 

Ganjar sendiri tiba di Stadion sekitar pukul 4 sore. Capres berambut putih itu, tampil rapi dengan kemeja hitam lengan panjang yang digulung sesiku. Kehadiran Ganjar disambut warga dan relawan yang sudah hadir. Mereka berebut salaman, mencium tangan dan berfoto bareng. Ganjar dengan ramah dan sabar menyalami permintaan tersebut. 

Baca juga : Ganjar Dekat Dengan Rakyat

Ganjar yang duduk di tribun, ikut menyaksikan berbagai pagelaran kesenian yang ditampilkan. Sesekali ia memberikan acungan jempol tanda menikmati pertunjukan tersebut. 

Di acara ini, salah satu dukungan datang  dari Gabungan Seniman Indonesia (GSI). GSI merupakan wadah yang beranggotakan artis, pelawak, hingga musisi yang mendukung Ganjar. Kelompok ini diketuai aktor lawas Roy Marten dan beranggotakan beberapa aktor dan pelawak seperti Anwar Fuadi, Doyok, Tarzan, Tessy, Kadir, Polo, Dwi Yan, Lucky Perdana dan Iwa K. 

Ketua Umum GSI Roy Marten mengatakan, ada beberapa alasan kenapa GSI akhirnya menjatuhkan pilihan mendukung Ganjar. Roy menilai Ganjar sebagai sosok yang lugas, pandai berkomunikasi, dan pro rakyat kecil. Roy juga melihat Ganjar sebagai sosok yang tidak kaku, sederhana, suka guyon dan mampu berbaur dengan seluruh kalangan masyarakat. Karena itu, kata dia, Ganjar dengan mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Secara fisik Pak Ganjar ini luar biasa keren, penampilannya bagus, retorikanya keren, literasinya lebih dari cukup, sangat berpengalaman dalam berpidato," kata Roy. 

Roy mengatakan, GSI ikut dalam deklarasi Ganjar agar masyarakat ikut terlibat mendukung Ganjar. "Tanpa rakyat, tidak ada artinya GSI. Mari bersama dukung Pak Ganjar," ajak Roy. 

Dukungan juga datang dari Dinasti Nusantara. Dinasti Nusantara adalah perkumpulan pendukung Ganjar yang terdiri dari para raja, sultan, datu, ratu, penglingsir, karaeng, ketua lembaga adat, pemangku adat dan para bangsawan dari 266 kerajaan dan lembaga adat di Indonesia yang dikoordinir Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II.

Baca juga : Srikandi Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Menenun Kain Ulos

Deklarasi dukungan kepada Ganjar dibacakan Sultan Ternate, Kolano Kie Raha Buldan Ternate Sirajul Mulki Amiruddin As-Sultan Iskandar Hidayatullah Sjah. 

As-Sultan Iskandar mengungkapkan Ganjar merupakan pemimpin yang mendengarkan aspirasi, berdialog dan menjawab persoalan bagi para pemangku adat. "Alasan paling rasional kenapa kami memutuskan mendukung Pak Ganjar sebagai presiden, karena kami nilai Pak Ganjar sangat concern terhadap budaya dan adat istiadat leluhur," kata Iskandar.

Ia mengaku pernah duduk bersama dan saling bercerita sewaktu Ganjar mengunjungi istananya di Ternate. Dari pertemuan itu, Iskandar mendapat kesan Ganjar serius dalam menampung aspirasi para pemangku adat dan sangat memperhatikan apa yang menjadi warisan Indonesia. 

Karena itu, Iskandar menilai Ganjar merupakan sosok yang tepat dalam memimpin Indonesia. Terlebih lagi, karakter dan kepribadian Ganjar yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia yang sesungguhnya. "Pak Ganjar itu sangat elegan, agamis, brilian dan edukatif," ungkapnya.

Dalam deklarasinya, As-Sultan Iskandar siap terlibat dalam kegiatan sosialisasi ke depan. Ia pun mengaku sudah menyiapkan berbagai macam program konsolidasi dalam mendukung keberhasilan Ganjar menjadi presiden. 

Sementara itu, dalam orasi kebangsaannya, Ganjar mengaku tersanjung atas kehadiran puluhan ribu orang Jawa Timur yang tumplek di stadion sejak siang. Bahkan ada yang sudah datang ke stadion sejak dari pagi. Suami Siti Atikoh ini menegaskan dan telah bersepakat untuk merawat sendi dan budaya Nusantara.

Baca juga : Angkatan Muda Siliwangi Siap Dukung Ganjar Nyapres Di 2024

Sebelum naik ke atas panggung, Ganjar mengaku sudah berdiskusi dengan para seniman, budayawan, termasuk para artis dan penyanyi. "Semuanya sepakat untuk duduk bersama merawat bersama dan untuk kita kembangkan bersama-sama," kata Ganjar. 

Ganjar mengungkapkan budaya Indonesia sangat kaya. Sebagai contoh, ada banyak baju adat, seni tari, belum kulinernya. Ganjar yakin banyak talenta luar biasa dalam bermusik. Yang dibutuhkan adalah memberikan akses agar talenta yang dimiliki anak muda ini bersinar seperti yang terjadi pada Putri Ariani yang ikut America's Got Talent dan akhirnya menggemparkan dunia. 

"Jadi jangan pernah mau budaya kita diambil orang, jangan pernah mau budaya kita digantikan budaya asing. Itu PR kita besar semua. Semoga ikhtiar kita bersama merawat kebhinekaan dan kebersamaan dimudahkan," ujar Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.