Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo Tak Ingin Budaya Indonesia Diambil Negara Lain, Siap Berjuang Untuk Merawatnya

Minggu, 11 Juni 2023 11:10 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres PDIP Ganjar Pranowo mengajak relawan dan seluruh masyarakat untuk merawat berbagai kebudayaan nasional yang kaya dan melimpah, serta tidak membiarkan budaya itu diklaim  negara lain.

Ganjar menekankan pentingnya menjaga kekayaan budaya bangsa dalam bingkai Pancasila.

"Kita telah disuguhkan tontonan yang luar biasa, bagaimana kita bersepakat untuk merawat. Merawat seni kita, merawat budaya kita," ujar Ganjar di atas panggung pada Sabtu (10/6).

Baca juga : Ngaku Tua Dan Pikun, Mahathir Pastikan Tak Ikut Pemilu Negara Bagian Malaysia

Ganjar juga mengungkapkan bahwa ia telah berdiskusi dengan banyak artis, YouTuber, dan budayawan yang hadir dalam acara tersebut, antara lain Roy Marten, Atta Halilintar, dan Anwar Fuady.

Ia menjelaskan pentingnya kolaborasi antara seluruh masyarakat Indonesia, termasuk pegiat seni dan budayawan, dalam menjaga kekayaan bangsa.

Terlebih lagi, Ganjar menyoroti keberadaan banyak talenta terbaik di Tanah Air.

Baca juga : Habibienomic Diyakini Bisa Ubah Indonesia Jadi Negara Maju

"Betapa kayanya kita akan budaya yang kita miliki, termasuk kulinernya, seni tarinya, serta mereka yang memiliki talenta luar biasa dalam bermusik," jelas Ganjar.

Dengan merawat kebudayaan tersebut, menurutnya, semua pihak dapat memiliki rasa memiliki terhadap budaya bangsa sendiri.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebudayaan agar tidak diambil oleh orang lain.

Baca juga : Ganjar Pranowo Silaturahmi Ke Tokoh Budaya Di Cirebon, Puji Erat Kebudayaannya

"Jangan pernah mau budaya kita diambil orang. Jangan pernah mau budaya kita digantikan dengan budaya asing, karena kita punya kekayaan itu. Setuju? Itulah yang menjadi PR besar kita," imbuhnya.

Lebih dari itu, Ganjar menyampaikan salam dan cintanya kepada ribuan relawan yang hadir, serta berterima kasih atas dukungan yang diberikan.

Ia berharap pertemuan ini menjadi ikhtiar bersama dalam merawat bangsa, menjaga kebhinekaan, dan menentukan nasib bangsa sendiri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.