Dark/Light Mode

Sanjaya, Satu-Satunya Bupati Di Bali Raih Satyalancana Wira Karya

Senin, 12 Juni 2023 20:18 WIB
Bupati Tabanan, dr. I Komang Gede Sanjaya dianugerahi penghargaan Satyalancana Wira Karya disematkan secara langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Kota Padang, Sumatera Barat, 10 Juni 2023. (Foto: Istimewa)
Bupati Tabanan, dr. I Komang Gede Sanjaya dianugerahi penghargaan Satyalancana Wira Karya disematkan secara langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Kota Padang, Sumatera Barat, 10 Juni 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Tabanan di Bali kembali menorehkan prestasi gemilang dalam sektor pertanian. Bupati Tabanan, dr. I Komang Gede Sanjaya, telah dianugerahi penghargaan Satyalancana Wira Karya atas dedikasinya dalam mengoptimalkan pertanian di daerah ini.

Penghargaan yang bergengsi ini diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dan disematkan secara langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Kota Padang, Sumatera Barat, 10 Juni 2023 lalu.

Bupati Sanjaya menjadi satu-satunya Bupati di Bali yang meraih penghargaan Penghargaan Satyalancana Wira Karya, yang diberikan sebagai pengakuan atas peran aktifnya serta menegaskan komitmennya dalam bidang pertanian, melalui program unggulan "Mangun Tani Ngardi Kertaning Jagat".

Program ini melibatkan kegiatan BUNGAN DESA (Bupati Ngantor di Desa) sebagai solusi cepat untuk mengatasi permasalahan pertanian dan membangun kolaborasi bersama para stakeholder pertanian guna meningkatkan hasil produksi. Kabupaten Tabanan berhasil menjadi lumbung beras Provinsi Bali berkat upaya ini.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Raih Penghargaan Satyalencana Wira Karya

"Kita tidak puas hanya sampai di sini, masih banyak yang perlu dilakukan dalam memajukan pertanian di Tabanan. Petani kita masih perlu dibina untuk menciptakan produk-produk lokal baru yang berkualitas, dan sistem distribusi ekonomi perlu diperkuat," ujar Bupati Sanjaya.

Kabupaten Tabanan memiliki potensi pertanian yang luar biasa, yang didukung oleh warisan dari nenek moyang dan sumber daya alam yang melimpah. Bupati Sanjaya menyoroti kecamatan-kecamatan seperti Baturiti yang cocok untuk komoditas sayur-mayur dan perkebunan, Pupuan dengan kebun kopi, manggis, dan salak, serta Jatiluwih yang terkenal dengan padi dan irigasinya.

Dengan potensi tersebut, pemerintah daerah berkomitmen untuk terus meningkatkan hasil produksi pertanian, memperkuat distribusi ekonomi, dan menjaga keberlanjutan sektor pertanian di Tabanan.

Penghargaan ini, kata dia, akan menjadi motivasinya untuk menyempurnakan regulasi di sektor pertanian, baik di hulu maupun di hilir, serta memberikan perlindungan dan bantuan kepada para petani.

Baca juga : Dirut BSI Janji Jaga Data Dan Dana Nasabah

Melalui kegiatan berkantor di desa, pihaknya dapat menyerap kebutuhan petani tidak hanya terkait beras dan kelapa, tetapi juga untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena semua bahan baku UMKM berasal dari hasil pertanian.

Bupati Sanjaya menambahkan, penghargaan ini sangat istimewa karena pemerintah pusat tidak memberikan penghargaan sembarangan. Tabanan juga sebelumnya menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas indeks ketahanan pangan terbaik di Indonesia.

Selain itu, Tabanan terus konsisten dan berkelanjutan dalam mengembangkan sektor pertanian, meskipun daerah 'tetangga' fokus pada pariwisata.

"Tabanan tetap bergerak di bidang pertanian dengan basis pariwisata, desa berbasis pariwisata, adat berbasis pariwisata, dan agro berbasis pariwisata," tambahnya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Hadirkan Bazar Murah Untuk Warga Malang Dan Surabaya

Kabupaten ini terus berkomitmen untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, memperkuat distribusi ekonomi, dan mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan.

Diharapkan prestasi ini akan memotivasi daerah lain di Bali dan seluruh Indonesia untuk mengembangkan potensi pertanian mereka dengan cara yang inovatif dan berkelanjutan.

"Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua elemen yang ada di Tabanan. Saya beserta seluruh komponen masyarakat Tabanan bertekad untuk terus membangun Tabanan menjadi lebih baik, agar Tabanan yang Aman, Unggul, dan Madani dapat kita capai, serta tetap menjadikan Tabanan sebagai lumbung pangan Bali dan salah satu kabupaten lumbung pangan nasional," ungkap Bupati Sanjaya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.