Dark/Light Mode

Layanan Terkapar Hampir 4 Hari

Dirut BSI Janji Jaga Data Dan Dana Nasabah

Sabtu, 13 Mei 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) Hery Gunardi (tengah) didampingi RCEO BSI Jakarta 1 Deden Durachman (kanan) berbincang dengan nasabah yang telah selesai menarik uang tunai dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Gedung Wisma Mandiri I di Jakarta, Kamis (11/5/2023). (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM).
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) Hery Gunardi (tengah) didampingi RCEO BSI Jakarta 1 Deden Durachman (kanan) berbincang dengan nasabah yang telah selesai menarik uang tunai dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Gedung Wisma Mandiri I di Jakarta, Kamis (11/5/2023). (Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan perbankan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah kembali normal pasca mengalami gangguan layanan selama empat hari. BSI diharapkan meningkatkan kualitas Information Technology (IT)-nya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.

Layanan BSI mengalami gangguan terhitung sejak Senin (8/5) hingga Kamis (11/5).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta BSI segera mening­katkan pelayanan serta memper­baiki kualitas keamanan IT agar gangguan terhadap aplikasi atau mobile banking dan jaringan BSI, tidak terulang kembali.

Baca juga : Gangguan Layanan, BSI Komit Jaga Keamanan Dana Dan Data Nasabah

Menurut Erick, BSI merupa­kan tonggak bersejarah dalam perbankan nasional. Hasil merger terbukti sukses membawa BSI ke peringkat enam per­bankan di Indonesia. Bahkan, ia meyakini, BSI dapat menjadi bank nomor lima di Indonesia.

“Keberpihakan dan kinerja yang makin bagus saja tidak cukup. Pelayanannya juga harus ditingkatkan,” pesan Erick di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5).

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini mengatakan, gangguan di kanal perbankan BSI merupa­kan bagian dari proses transisi sistem IT BSI. Meski begitu, ia tak menampik adanya kemung­kinan serangan hacker terhadap sistem IT BSI.

Baca juga : Anies Dan Ganjar Diawasi Bawaslu

“Ada serangan, tetapi saya bu­kan ahlinya. Ada tiga poin soal itu, sehingga (sistem) mereka (sempat) down,” ucapnya.

Mantan bos klub Inter Milan ini menggarisbawahi, perbaikan sistem IT merupakan bagian dari transformasi BUMN. Erick meyakini, manajemen BSI dapat meningkatkan keamanan dan layanan kepada masyarakat.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) BSI Hery Gunardi me­nyampaikan permohonan maaf atas kendala yang dialami nasa­bah. Hery menegaskan, pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dana dan data nasabah.

Baca juga : Libur Panjang, ASN Kemenkumham Diminta Jaga Diri Dan Lingkungan

“Alhamdullilah pada Kamis (11/5), layanan cabang, ATMdan mobile banking sudah kembali normal dan dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan tran­saksi,” ujar Hery dalam konferensi persnya, di Jakarta, Kamis (11/5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.