Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Layanan Terkapar Hampir 4 Hari
Dirut BSI Janji Jaga Data Dan Dana Nasabah
Sabtu, 13 Mei 2023 07:30 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - Layanan perbankan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah kembali normal pasca mengalami gangguan layanan selama empat hari. BSI diharapkan meningkatkan kualitas Information Technology (IT)-nya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.
Layanan BSI mengalami gangguan terhitung sejak Senin (8/5) hingga Kamis (11/5).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta BSI segera meningkatkan pelayanan serta memperbaiki kualitas keamanan IT agar gangguan terhadap aplikasi atau mobile banking dan jaringan BSI, tidak terulang kembali.
Baca juga : Gangguan Layanan, BSI Komit Jaga Keamanan Dana Dan Data Nasabah
Menurut Erick, BSI merupakan tonggak bersejarah dalam perbankan nasional. Hasil merger terbukti sukses membawa BSI ke peringkat enam perbankan di Indonesia. Bahkan, ia meyakini, BSI dapat menjadi bank nomor lima di Indonesia.
“Keberpihakan dan kinerja yang makin bagus saja tidak cukup. Pelayanannya juga harus ditingkatkan,” pesan Erick di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5).
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini mengatakan, gangguan di kanal perbankan BSI merupakan bagian dari proses transisi sistem IT BSI. Meski begitu, ia tak menampik adanya kemungkinan serangan hacker terhadap sistem IT BSI.
Baca juga : Anies Dan Ganjar Diawasi Bawaslu
“Ada serangan, tetapi saya bukan ahlinya. Ada tiga poin soal itu, sehingga (sistem) mereka (sempat) down,” ucapnya.
Mantan bos klub Inter Milan ini menggarisbawahi, perbaikan sistem IT merupakan bagian dari transformasi BUMN. Erick meyakini, manajemen BSI dapat meningkatkan keamanan dan layanan kepada masyarakat.
Sementara, Direktur Utama (Dirut) BSI Hery Gunardi menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang dialami nasabah. Hery menegaskan, pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dana dan data nasabah.
Baca juga : Libur Panjang, ASN Kemenkumham Diminta Jaga Diri Dan Lingkungan
“Alhamdullilah pada Kamis (11/5), layanan cabang, ATMdan mobile banking sudah kembali normal dan dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi,” ujar Hery dalam konferensi persnya, di Jakarta, Kamis (11/5).
Selanjutnya
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya