Dark/Light Mode

Usul Libur Idul Adha 2023 Diperpanjang Sudah Dibahas, Ini Kata Menteri PAN-RB

Jumat, 16 Juni 2023 22:10 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Tangkap layar video Instagram/@azwaranas.a3)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Tangkap layar video Instagram/@azwaranas.a3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpanjangan libur hari raya Idul Adha tahun 2023 dari satu hari menjadi dua hari, ternyata sudah dibahas di level jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Usul agar libur diperpanjang menjadi 2 hari dilontarkan oleh Muhammadiyah. Besar kemungkinan Muhammadiyah akan merayakan Idul Adha di hari yang berbeda dengan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), sebagaimana Hari Raya Idul Fitri lalu.

"Jadi liburnya dua hari, yaitu tanggal 28 atau 29 Juni 2023. Saya kira yang pegawai negeri setuju itu," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, Rabu (7/6) dilansir dari situs resmi Muhammadiyah.

Baca juga : 5 Asosiasi Pertambangan Gelar Halal Bihalal, Ini Pesan Stafsus Menteri ESDM

"Ini usul, Pak Wakil Wali Kota, karena pernah ada warga Muhammadiyah yang menjadi ASN tidak ikut Lebaran (Idul Adha) karena harus pergi ke kantor," sambungnya.

Menjawab itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengaku sudah membahas alternatif libur Hari Raya Idul Adha menjadi dua hari dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Kemarin sudah kita bahas, kita kaji bareng dalam rapat tingkat menteri di kantornya Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara)," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dilansir dari situs resmi KemenPAN-RB, Jumat (16/6).

Baca juga : Sea Indonesia 2023, Ajang Pertemuan Bisnis Investasi Dan Maritim Dunia

Namun politisi PDIP itu belum bisa mengumumkan hasil dari pembahasan tersebut. 

"Hasilnya masih menunggu arahan dan kebijakan Bapak Presiden Jokowi," tambahnya.

Seperti diketahui, pemerintah baru akan meresmikan tanggal Idul Adha 2023 setelah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut rencananya digelar Kemenag pada hari Minggu, 18 Juni mendatang di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.