Dark/Light Mode

Konsumsi Daging Berlebih Saat Idul Adha, Bisa Bikin Lonjakan Kolesterol, Ini 4 Cara Mengatasinya...

Minggu, 10 Juli 2022 09:44 WIB
Ilustrasi sate dan tongseng, yang merupakan  jenis olahan daging merah. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sate dan tongseng, yang merupakan jenis olahan daging merah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Idul Adha identik dengan mengkonsumsi daging. Yang bisa jadi, lebih banyak dibanding hari biasa. 

Konsumsi daging berlebih ini sangat tidak dianjurkan. Karena dapat memicu beragam jenis penyakit. Seperti gangguan metabolisme berupa kenaikan kolesterol dan lemak jenuh.

"Banyak mengkonsumsi daging selama Idul Adha, berpotensi meningkatkan kolesterol darah. Karena itu, perlu dilakukan langkah preventif untuk mencegahnya," kata Ahli Gizi Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniroh SKM MKes, Jumat (8/7).

Berikut empat tips menurunkan kolesterol, seperti disampailan Lailatul Muniroh melalui situs resmi Unair:

1. Konsumsi Sayuran dan Buah Tinggi Serat

Baca juga : Koalisi Indonesia Bersatu Ide Cemerlang, Bisa Diterapkan Di Bekasi

Langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli.

“Serat dapat melarutkan kolesterol jahat,” ujar Lailatul.

Mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat,” terangnya.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Baca juga : Masih Ada 1.000 Kursi Mudik Motor Gratis Pakai Kapal Laut, Ini Cara Daftarnya

Hindari makanan berlemak tinggi. Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan sebagainya.

“Kurangi juga mengolah makanan dengan menggunakan minyak goreng,” tutur Lailatul.

Setelah Idul Adha pun, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji.

"Pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun, untuk menggantikan mentega dan minyak goreng,” jelasnya.

3. Sarapan Oatmeal

Baca juga : Nyeri Tenggorokan Akibat Omicron? Begini Cara Mengatasinya

Oatmeal yang kaya nutrisi dan sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga selama 30 menit per hari,  dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.