Dark/Light Mode

Arus Mudik Lebaran 2023

One Way Diperpanjang, Kemungkinan Sampai Tengah Malam Ini

Rabu, 19 April 2023 11:25 WIB
Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan pengaturan di gerbang masuk Layang MBZ dari arah Jati Asih, Rabu (19/4) pukul 10.21 WIB. Situasi arus lalu-lintas terpantau ramai lancar. (Foto: YouTube TMC Polda Metro Jaya)
Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan pengaturan di gerbang masuk Layang MBZ dari arah Jati Asih, Rabu (19/4) pukul 10.21 WIB. Situasi arus lalu-lintas terpantau ramai lancar. (Foto: YouTube TMC Polda Metro Jaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol. Firman Santyabudi menyampaikan informasi lalu lintas arus mudik terkini, berdasarkan pantauan di lapangan hingga Rabu (19/4) pukul 10.00 WIB.

Firman menyebut, sumber arus bangkitan saat ini belum nampak. Ekor kepadatan masih berada di KM 15 Bekasi Timur. Layang MBZ masih buka tutup untuk meminimalkan kepadatan di pertemuan arus KM 48.

Traffic counting di KM 50 A selama tiga jam berturut turut, mencapai rata-rata 5.800 kendaraan per jam (di atas indikator rekayasa lalu lintas Contraflow > 5.500 kendaraan/jam) dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) = 0,52.

Baca juga : Trafik Dari Jakarta Ke Arah Timur Melonjak, One Way Diperpanjang Sampai Pukul 12 Siang Ini

Ini sudah memperhitungkan kapasitas lajur dengan Contraflow (2 lajur).

Sementara traffic counting di Tol Cipali KM 190 Palimanan pada tiga jam berturut-turut, rata-rata mencapai 4.100 kendaraan/jam, (di atas indikator rekayasa lalu lintas One Way > 4.100 kendaraan/jam) dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) = 0,45.

Ini pun sudah memperhitungkan kapasitas lajur dengan One Way (2 lajur).

Baca juga : Mudik Lebaran 2023, TASPEN Siapkan Bus Gratis Bagi 3.000 Pemudik

Dibanding volume arus lalu lintas tadi malam, kenaikan volume arus lalu lintas saat ini meningkat 10 persen. Dari 5.087 menjadi 5.606 kendaraan per jam. Angka ini mengacu data traffic counting KM 50 Tol Japek.

Untuk mengurai kepadatan pada ruas tol KM 48, telah dilakukan Contraflow dua lajur dari KM 47 hingga KM 70 Gerbang Tol Jakarta Cikampek, dan diperpanjang menjadi KM 36 hingga KM 47 (1 lajur).

"Berdasarkan hal tersebut, rekayasa lalu lintas One Way di hari kedua mudik, yang dijadwalkan selesai pada Rabu 19 April 2023 pukul 12.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan," papar Firman dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (19/4).

Baca juga : DKI Geber Kegiatan Pasar Murah Keliling

Perpanjangan rekayasa lalu lintas One Way, diperkirakan akan berakhir pada Rabu 19 April 2023 pukul 24.00 WIB.

Namun, apabila dalam periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran One Way masih terdapat peningkatan volume lalulintas yang signifikan dari Jakarta ke arah timur, maka dapat dilakukan penyesuaian kembali. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.