Dark/Light Mode

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Gelar Edukasi Budidaya Rumput Laut Di Jeneponto

Minggu, 18 Juni 2023 14:28 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar menggelar edukasi dengan kelompok nelayan dan warga di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6). (Foto: Ist)
Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar menggelar edukasi dengan kelompok nelayan dan warga di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menggelar edukasi dengan kelompok nelayan dan warga di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6).

Dengan tema ‘Edukasi Pelestarian Air dan Peningkatan Ekonomi Nelayan Melalui Tata Kelola Budidaya Rumput Laut’, para komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo memaparkan sejumlah hal ke masyarakat di Jeneponto.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Indra Gunawan menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini karena terinspirasi dari sosok Ganjar yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat pesisir.

“Kegiatan ini kami terinspirasi dari figur pak Ganjar. Yang Pak Ganjar lebih menjaga lingkungan dan memperhatikan masyarakat pesisir khususnya masyarakat nelayan,” ujar Indra di lokasi, Sabtu (17/6).

Baca juga : Pemuda Mahasiswa Nusantara Sumsel Gelar Tournamen Mobile Legends Di Palembang 

Diharapkan, kata Indra, dengan adanya kegiatan edukasi ini para masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan bisa paham menjaga lingkungan.

“Tujuan (kegiatan) berupa memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana metode menjaga lingkungan hidup yang secara berkelanjutan,” urai Indra.

Menurut Indra respons dari masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, sangat baik. Terbukti mereka banyak memberikan pertanyaan kepada pembicara yang merupakan dari Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan.

“Sangat baik, dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini karena berkait dengan profesi dari mereka,” ujarnya

Baca juga : Relawan Sedulur Saklawase Gelar Senam Bersama Lansia Di Salatiga

Tak sekedar melakukan edukasi kepada terkait pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budidaya rumput laut, mereka pun juga mengenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Indra menuturkan bahwa masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, sudah mengetahui sosok Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

“Sudah mengetahui sosok Pak Ganjar, sangat mengenal,” ungkap dia.

Sementara itu, tokoh masyarakat di Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Irwan Daeng Lassa, menyambut baik kegiatan edukasi yang diselenggarakan oleh komunitas nelayan pendukung Ganjar Pranowo.

Baca juga : Kompak! 300 Driver Ojol Gelar Aksi Putihkan Rambut Sebagai Dukungan Untuk Ganjar

Namun begitu, Irwan sedikit memberikan harapannya kepada Ganjar jika terpilih menjadi Presiden agar bisa terus memperhatikan masyarakat terutama para nelayan di pesisir.

“Mudah-mudahan kalau terpilih jadi Presiden yang akan datang, dapat diperhatikan rakyat-rakyat seperti nelayan rumput laut dan nelayan,” harap Irwan.

Selain memberikan edukasi edukasi kepada terkait pelestarian air dan peningkatan ekonomi nelayan melalui tata kelola budi daya rumput laut, Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan turut memberikan bantuan berupa tali untuk budidaya rumput laut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.