Dark/Light Mode

Kaisar Jepang Naruhito Jempolin Lulusan Universitas Darma Persada

Rabu, 21 Juni 2023 09:12 WIB
Kaisar Jepang Naruhito (kedua kiri) saat berkunjung ke Universitas Darma Persada, Jakarta Timur, Selasa (20/6). (Foto: Dok. Universitas Darma Persada)
Kaisar Jepang Naruhito (kedua kiri) saat berkunjung ke Universitas Darma Persada, Jakarta Timur, Selasa (20/6). (Foto: Dok. Universitas Darma Persada)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungannya bersama Permaisuri Masako ke Indonesia 17-23 Juni 2023, Kaisar Jepang Naruhito menyempatkan diri berkunjung ke Universitas Darma Persada, Jakarta Timur, Selasa (20/6).

Kunjungan Kaisar Naruhito ke Universitas Darma Persada karena universitas tersebut dibentuk oleh alumni atau lulusan program pendidikan dari Jepang. Sehingga ada hubungan yang kuat antara Universitas Darma Persada dengan negara Jepang.

"Pada kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia, beliau khusus minta bertemu dengan alumni program pendidikan di Jepang, sekaligus berkunjung ke Universitas Darma Persada yang dibentuk oleh para alumni tersebut," ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan Melati Sakura Ginandjar Kartasasmita di Kampus Darma Persada, Jakarta Timur, Selasa (20/6).

Baca juga : Kaisar Jepang Dibawa Jokowi Ke Tempat Khusus Di Kebun Raya Bogor

Ginandjar mengatakan, Kaisar Naruhito mengaku bangga dengan para alumni Jepang yang sukses membangun fasilitas pendidikan dan kebudayaan yang juga menyisipkan program bahasa dan kebudayaan Jepang di dalam mata perkuliahannya.

Dalam obrolan bersama Kaisar Naruhito, kata Ginandjar, para alumni mengajukan berbagai kerja sama di bidang pendidikan, budaya hingga kesehatan dengan Pemerintah Jepang.

"Termasuk kerja sama dalam bidang perekonomian, khusus peningkatan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan besar Jepang yang beroperasi di Indonesia," tegas Ginandjar.

Baca juga : Disambut Pak Bas, Kaisar Jepang Mau Keliling Jakarta Hingga DIY

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang Rahmat Gobel mengatakan, banyak yang bisa kita pelajari dari Jepang.

Selain di Jakarta, Kaisar Naruhito akan ke Yogyakarta dan melakukan kunjungan ke Balai Teknik Sabo, serta keraton, disusul dengan jamuan makan oleh Sultan Hamengkubuwono X di Keraton Yogyakarta pada Rabu dan Kamis 21 dan 22 Juni 2023.

Kaisar juga diagendakan mengunjungi Candi Borobudur sebelum bertolak ke Jepang pada 23 Juni 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.