Dark/Light Mode

Kaisar Jepang Dibawa Jokowi Ke Tempat Khusus Di Kebun Raya Bogor

Senin, 19 Juni 2023 16:43 WIB
Presiden Jokowi bersama Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor. (Agus Suparto/Fotografer Presiden)
Presiden Jokowi bersama Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor. (Agus Suparto/Fotografer Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebun Raya Bogor menarik perhatian Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito. Karena ia pernah mendengar cerita ayahnya, Kaisar Akihito dan saat berkunjung ke Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Bey menjelaskan bahwa saat Kaisar Naruhito masih kecil, ia mendengar cerita soal Kebun Raya Bogor dari kedua orang tuanya, yaitu Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko. 

Pada tahun 1962, saat itu mereka berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor yang diiringi oleh Presiden Soekarno.

"Bapak Presiden mendapat informasi bahwa Kaisar Naruhito tertarik pada Kebun Raya Bogor karena Naruhito kecil mendengarkan cerita langsung dari orang tuanya saat diantar jalan-jalan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1962," kata Bey, Senin (19/6).

Baca juga : Dikunjungi Kaisar dan Permaisuri Jepang, Presiden Jokowi Merasa Terhormat

Mengetahui hal ini, Presiden Jokowi langsung mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako untuk mengunjungi Griya Anggrek yang terletak di Kebun Raya Bogor. 

Hal ini menjadi pengalaman yang berbeda dibandingkan kunjungan kenegaraan para pemimpin negara lain, yang hanya difokuskan di Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana secara khusus memandu Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat koleksi anggrek di Kebun Raya Bogor. 

Presiden Jokowi juga menyetiri langsung mobil bogie dari Istana Bogor menuju Griya Anggrek, membawa Ibu Iriana, Kaisar Naruhito, dan Permaisuri Masako.

Baca juga : Ungkit Menangkan 7 Kali, PDIP Dinilai Ingatkan Jokowi Untuk Dukung Ganjar

Ada sejumlah kegiatan Kaisar Jepang bersama Presiden Jokowi di Bogor. Mulai dari menanam pohon di Kebun Raya, hingga joint press statement.

"Ini menjadi rangkaian acara hari ini yang dihadiri Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako," lanjut Bey.

Kunjungan Kaisar Jepang ini bertepatan dengan peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang serta peringatan 50 Tahun Kerja Sama Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang.

Kunjungan Kaisar Naruhito mengikuti jejak ayah dan kakeknya yang membangun hubungan baik dengan Indonesia. 

Baca juga : Nakes Nusantara Sehat Dievakuasi Pasca Konflik KKB Vs Aparat Di Papua Barat

Kaisar Akihito beserta Permaisuri Michiko sebelumnya mengunjungi Indonesia pada tahun 1991 dan diterima dengan hangat oleh Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. 

Sementara itu, sang kakek, Kaisar Hirohito, juga berkunjung ke Indonesia pada tahun 1962 dan disambut oleh Presiden Soekarno.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.