Dark/Light Mode

Bedah Buku Pemikiran Denny JA Digelar Di Pekanbaru

Rabu, 21 Juni 2023 12:58 WIB
Diskusi bedah buku pemikiran Denny JA di Pekanbaru. (Foto: Ist)
Diskusi bedah buku pemikiran Denny JA di Pekanbaru. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Denny JA meletakkan agama pada posisi yang sangat terhormat. Bahkan spiritualitas baru yang digagasnya dapat memperkuat agama.

Hal tersebut disampaikan penulis buku Era Ketika Agama Menjadi Warisan Kultural Milik Bersama: Sembilan Pemikiran Denny JA Soal Agama di Era Google (2023), Ahmad Gaus saat bedah bukunya di Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, Jl. Jend. Sudirman No. 462, Kota Pekanbaru, pada Selasa (20/6).

Diskusi yang dihadiri para pegiat literasi, mahasiswa, dan pengunjung perpustakaan ini juga diisi oleh Dosen Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau, R. Hariyani Susanti.

Gaus sebagai penulis buku menyambut baik gagasan Denny JA mengenai perlunya manusia modern menemukan makna hidup dan kebahagiaan sejati dengan bantuan sains. Gagasan spiritualitas baru abad 21 yang ditawarkan oleh Denny JA sebagai kesimpulan dari berbagai riset kuantitatif.

Baca juga : Lukisan AI Denny JA Dipamerin Di Taman Ismail Marzuki

“Riset empirik menjadi kata kunci spiritualitas baru ini. Disebut juga spiritualitas gelombang ketiga,” ujar Gaus.

Spiritualitas gelombang pertama ialah narasi mitologi. Spiritualitas gelombang kedua ialah narasi wahyu. Dan spiritualitas gelombang ketiga ini sepenuhnya narasi sains. Itulah yang dikembangkan oleh Denny JA.

Gaus menjelaskan, formula 3P + 2S yang menjadi rumusan spiitualitas baru Denny JA, yaitu Personal Relationship, Positivity, dan  Passion.  Sedangkan 2 S itu adalah Small Winning dan Spirituality. Rumusan ini melengkapi konsep Tiga Berlian Biru yang dijelaskan oleh pembicara sebelumnya.

Di bagian akhir Gaus menegaskan bahwa gagasan spiritualitas baru Denny JA berbeda dengan spiritualitas gerakan New Age yang berkembang pesat dalam 30 tahun terakhir ini, termasuk di Indonesia. 

Baca juga : Kejagung Pakai Satelite Cari Aset Di Pedalaman

Ciri khas spiritualitas gerakan New Age ialah skeptis terhadap sains dan agama. Sedangkan konsep spiritualitas baru Denny JA mengakomodasi agama. 

Sementara, Hariyani membahas, bab mengenai samudera spiritualitas. Ia juga secara khusus menulis puisi berjudul Tiga Berlian Biru, yang diambil dari rumusan Denny JA mengenai spiritualitas baru abad 21. 

Tiga Berlian Biru terdiri dari berlian biru kebajikan (virtue), berlian biru kekuatan derma (power of giving), dan berlian biru kesatuan manusia dengan manusia lain, lingkungan hidup dan misteri alam semesta (the oneness).

Menurut Hariyani, riset-riset ilmu pengetahuan mutakhir telah membuktikan bahwa kebajikan berhubungan erat dengan kebahagiaan dan hidup bermakna. Begitu pula power of giving, hidup yang bersedekah, berderma, membuat hidup lebih bahagia dan bermakna.

Baca juga : Sekdispora Bangga Dengan Prestasi Atlet DKI Di Kamboja

“Pemikiran spiritualitas baru Denny JA meruntuhkan tembok-tembok pemisah tersebut. Ia menjembatani berbagai agama untuk bertemu di satu titik. Yakni, spirituality of happiness, seperti konsep tiga berlian biru, yang terdapat di semua agama,” ujar Hariyani. 

Pada diskusi ini satu bab buku itu diekspresikan melalui aksi teater. Konsep Tiga Berlian Biru dari Denny JA dipentaskan dengan tarian, mikro-drama, dan puisi. Dua orang penari dari Line Dance Studio meliuk-liukkan tubuhnya, menggambarkan gelombang laut. Gerakan tari itu memperlihatkan kedalaman samudera. Itulah tempat harta karun spiritual berada. 

Tiga orang lainnya masuk ke dalam formasi. Masing-masing memainkan lakon dari konsep Tiga Berlian Biru yang muncul dari samudera soiritualitas yaitu virtue, power of giving, dan the oneness. Selama tarian berlangsung, seorang narator membacakan puisi berjudul Tiga Berlian Biru karya R. Hariyani Susanti.

Selain itu, acara diskusi buku ini juga dimeriahkan oleh Tarian Melayu dari tiga mahasiswi UIN Suska, Riau, dan penampilan lagu dengan iringan gitar akustik oleh dua orang peserta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.