Dark/Light Mode

Jajaki Peluang Usaha

Mak Ganjar Bimbing Masyarakat Membuat Tape Singkong

Kamis, 22 Juni 2023 11:10 WIB
Jajaki Peluang Usaha Mak Ganjar Bimbing Masyarakat Membuat Tape Singkong

RM.id  Rakyat Merdeka - Palembang, Sumatera Selatan- Sukarelawan Mak Ganjar berkolaborasi dengan UMKM setempat menggelar pelatihan membuat tape dengan bahan dasar singkong di Kelurahan 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (21/6).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumsel, Seftiana mengatakan pelatihan itu menargetkan masyarakat dari berbagai latar belakang, termasuk ibu rumah tangga hingga anggota komunitas lokal yang tertarik untuk mempelajari proses pembuatan tape dari singkong.

"Mak Ganjar melakukan pelatihan dengan UMKM dalam pembuatan tape yang berbahan dasar singkong," kata Seftiana seusai acara. 

Baca juga : Nelayan Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Kemplang, Makanan Khas Palembang

Seftiana menyatakan pelatihan yang diiringi dengan praktik langsung yang diberikan kepada masyarakat akan memberikan dampak jangka panjang dalam mengembangkan keterampilan membuat tape, serta mengembangkan potensi wirausaha.

"Memberikan ilmu kepada masyarakat agar bisa membuat tape singkong. Selain untuk cemilan di rumah, bisa dijual untuk pendapatan sehari-hari," ujar dia. 

Dalam pelatihan, masyarakat diajarkan memilih singkong yang tepat, membersihkannya, mengolahnya menjadi adonan, dan melakukan proses fermentasi yang benar. 

Baca juga : Cegah Pelanggaran Pemilu, Mahfud Minta Gencarkan Partisipasi Masyarakat

Selain itu, masyarakat juga diajarkan tentang kebersihan dan higienitas dalam pembuatan tape berbahan singkong agar produk yang dihasilkan aman dan berkualitas tinggi. 

"Permentasinya dibutuhkan sekitar tiga hari untuk menghasilkan tapai itu," ujar Seftiana.

Masyarakat juga diajarkan pengetahuan mengenai inovasi dan variasi mengenai produk makanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar tapai. Seftiana menyebut, tape bisa dibuat makanan yang bervariasi, seperti bolu tape hingga sarikaya tape. 

Baca juga : Kader Gerindra Bukan Pialang

Menurut Seftiana, inovasi ini diharapkan dapat mendorong kreativitas masyarakat dalam mengembangkan tape singkong dengan karakteristik yang unik dan menarik.

Kegiatan ini disambut baik dan antusias dari masyarakat di Palembang. Salah satu peserta, Ermawati mengaku senang dan terinpirasi untum membuat tape untuk dikonsumsi dan dijual.

"Saya senang, acaranya bagus. Cara membuat tape bisa diterapkan di rumah untuk mata pencaharian," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.