Dark/Light Mode

Mensos Beri Bantuan Ke Korban Kecelakaan Dan Penderita Kanker Kulit Di Lampung

Kamis, 22 Juni 2023 17:33 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) bersama penderita kanker wajah dan korban kecelakaan di Lampung
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) bersama penderita kanker wajah dan korban kecelakaan di Lampung

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada penderita kanker wajah dan korban kecelakaan. Bantuan itu diberikan kepada dua warga Lampung yaitu Suranto dan Arma Wulan Sari.

Menteri yang biasa disapa Risma ini mengakui, bantuan kepada dua orang penerima manfaat yang ada di Provinsi Lampung, baik untuk pengobatan maupun bantuan produktif.

"Kami mengetahui mengenai kondisi dua warga yang memerlukan bantuan di Lampung ini dari media dan media sosial. Jadi hari ini bersama berbagai pihak menyerahkan bantuan yang telah dihimpun dari masyarakat," kata Risma, di Bandarlampung, Lampung, Kamis (22/6/2022). 

Baca juga : Ganjar Milenial Latih Petani Buat Keranjang Kelapa Sawit Di Sumut

Mensos mengatakan, bantuan tersebut bertujuan untuk membantu perawatan serta membantu perekonomian penerima manfaat agar lebih produktif.

"Jadi bantuan senilai Rp 70 juta diberikan kepada Suranto yang saat ini menderita kanker wajah, dan Rp 49 juta diberikan kepada Arma Wulandari yang mengalami kecelakaan ini dihimpun oleh KitaBisa dari masyarakat," ucapnya.

Selain bantuan yang dihimpun dari masyarakat, Kementerian Sosial (Kemensos) pun memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dimana bagi Arma diberikan bantuan berupa pakaian, nutrisi, kebutuhan dasar, biaya perawatan kesehatan, dan modal usaha sebesar Rp 18 juta.

Baca juga : Pendukung Ganjar Kudu Berpolitik Riang Gembira

Sedangkan, Sunarto diberi bantuan pemenuhan kebutuhan dasar senilai Rp 11 juta, lalu dilakukan intervensi pula dengan memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar berupa sembako dan nutrisi, bantuan uang pelunasan BPJS, dan membantu memproses pengalihan dari BPJS Mandiri ke BPJS PBI.

"Jadi bantuan ini akan membantu seluruhnya, bukan hanya pengobatan yang dibutuhkan karena sudah sebagian ditanggung BPJS, tapi ada juga bantuan untuk meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan mereka," jelas politisi PDIP ini. 

Sebelumnya, diketahui dua penerima manfaat tersebut mengalami beberapa keadaan, untuk Arma Wulan Sari (17) warga asal Kabupaten Tanggamus mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami pendarahan di otak dan didiagnosa mengalami gangguan mental organik.

Baca juga : Moeldoko: Pemerintah Beri Perhatian Kesejahteraan Ulama Dan Guru Agama

Hal itu mempengaruhi kemampuan berkomunikasi dan menyebabkan gangguan perilaku. Keluarganya terkendala dalam dalam pembiayaan perawatan.

Sedangkan Suranto (54) merupakan warga Kabupaten Lampung Tengah dan bekerja sebagai buruh di kebun jagung, dengan upah Rp 25 ribu per hari. 

Dia menderita kanker wajah sejak 10 tahun lalu dan sudah menjalani empat kali operasi di rumah sakit, namun kondisi belum membaik dengan kondisi wajah rusak di bagian hidung, pipi, mulut, dan mata sebelah kiri, karena sel kanker masih aktif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.