Dark/Light Mode

Mayoritas Korban Lansia

Kecelakaan Di Jalan Trans Kanada Tewaskan 15 Orang, PM Justin Trudeau Berduka

Jumat, 16 Juni 2023 06:23 WIB
PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Instagram)
PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan duka cita terdalamnya atas musibah tabrakan bus versus truk di Jalan Trans Kanada, Carberry, dekat Manitoba, Kanada, Kamis (15/6) siang waktu setempat. Akibat kecelakaan tragis itu, 15 orang dilaporkan meninggal dan 10 lainnya luka-luka.

"Kecelakaan di Carberry, Manitoba sangat tragis. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam, kepada seluruh pihak yang kehilangan orang yang dicintai dalam musibah ini. Saya tidak dapat membayangkan rasa sakit yang dirasakan oleh mereka. Seluruh warga Kanada, berduka atas musibah ini,” cuit Trudeau via Twitter.

 

Lokasi kecelakaan bus Vs truk semi trailer di Jalan Trans Kanada, Kamis (15/6). (Foto: Getty Images via BBC)

 

Baca juga : Kecelakaan Bus Tamu Pengantin Renggut 10 Nyawa, PM Australia Berduka Cita

Dalam konferensi pers, Asisten Komisaris Rob Hill dari Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan, seluruh korban luka telah dibawa ke rumah sakit.

"Mayoritas korban adalah penumpang bus lansia, tinggal di sekitar kota Dauphin," kata Hill, seperti dikutip BBC.

Lewat Twitter, RCMP menyebut kecelakaan itu sebagai musibah yang sangat serius. Seluruh sumber daya kepolisian, termasuk unit kejahatan utamanya, telah dikerahkan ke tempat kejadian.

Kendaraan darurat, termasuk ambulans udara dan 12 ambulans, juga diterjunkan.

Baca juga : Kecelakaan Kereta Di India Tewaskan 288 Orang, PM Narendra Modi Geram

RCMP juga telah meminta pengendara untuk menghindari daerah tersebut. Akses jalan raya di dekat lokasi kecelakaan, telah ditutup.

Kepada CBC News, saksi mata bernama John Proven mengaku melihat kendaraan yang terbakar di selokan, tepat setelah tengah hari waktu setempat.

Dia juga melihat truk semi-trailer dengan bagian depan terbakar. Total 20 kendaraan polisi dan 8 ambulans, ada di tempat kejadian.

"Saya belum pernah melihat kecelakaan sebesar itu," katanya.

Baca juga : Kebakaran Hostel Di Selandia Baru Tewaskan 6 Orang

Black Robert, juru bicara layanan ambulans udara lokal mengatakan, pihaknya telah mengerahkan salah satu tanggapan terbesarnya dalam musibah kecelakaan itu.

"Kurang lebih, ini sama dengan insiden besar serupa yang kami tanggapi di masa lalu, seperti tragedi Humboldt Broncos," kata Blake Robert, merujuk pada kecelakaan bus yang mengangkut tim hoki muda dan truk semi-trailer yang merenggut 16 nyawa.  ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.