Dark/Light Mode

Kemenkominfo Gencar Promosi Publikasi Digital Desa Wisata di Yogyakarta

Selasa, 27 Juni 2023 12:36 WIB
Promosi publkasi digital desa wisata di Yogyakarta. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Promosi publkasi digital desa wisata di Yogyakarta. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah gencar mempromosikan pariwisata dalam negeri, salah satunya melalui pengembangan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Untuk memperkuat Gerakan BBWI dan mewujudkan pariwisata berkeunggulan terutama di DIY, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar webinar GenPosting (Generasi Positive Thinking) bertajuk 'Optimalisasi Promosi dan Publikasi Digital Potensi Desa'.

Baca juga : Tips Membangun Pondasi Literasi Digital Pada Anak

"Salah satu yang dapat dilakukan Pemerintah daerah (Pemda) bersama dengan para pelaku pariwisata adalah turut mempromosikan potensi lain yang ada di daerahnya, seperti promosi desa wisata," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary saat membuka GenPosting dikutip Selasa (27/6).

Septriana mengatakan, DIY tidak hanya dikenal lewat kekayaan budaya yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara tapi juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman menarik dan penuh keunikan.

Baca juga : Leap Telkom Perluas Digitalisasi Logistik Unrtuk Masyarakat

Untuk itu, kata Septriana, perlu disertai dengan promosi yang optimal dengan ragam aktivitas wisata dan nilai-nilai budaya setempat agar menjadi daya tarik wisatawan agar merasa betah dan tertarik berkunjung kembali.

Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara menekankan soal pentingnya kolaborasi dari para desa atau kampung wisata sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain.

Baca juga : Dukung Era Digitalisasi, Kemenkoninfo Gelar Literasi Digital Bagi Pegawai PLN

"Kita punya kampung wisata, namun saat ini fokusnya adalah bagaimana menjadi kawasan yang tidak berdiri sendiri. Ketika kita menjahitnya, maka wisatawan bisa seharian menghabiskan waktu dengan pengalaman yang berbeda-beda," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.