Dark/Light Mode

Kalangan Muda Generasi Z Dan Alfa Luncurkan Gen Perubahan

Rabu, 28 Juni 2023 16:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalangan muda dari generasi Z dan Alfa meluncurkan lahirnya lembaga yang bernama Gen Perubahan.

Dengan tagline "Antimager, Antibaper, Percaya diri, dan Melek Politik", mereka ingin berkontribusi dalam perubahan bangsa ke depan.

Presiden Gen Perubahan, Jayadi mengatakan, lembaga yang mereka bentuk berisikan kalangan muda dari generasi Z dan generasi Alfa, yang ingin keluar dari zona nyamannya.

"Gen Perubahan ini, merupakan wadah untuk mengampanyekan empat prinsip, yaitu Antimager, Antibaper, Percaya Diri, dan Melek Politik,” kata Jayadi, Rabu (28/6).

Diharapkan, generasi Z dan generasi Alfa bisa menjadi kelompok yang bisa berperan serta dalam membawa perubahan di negara ini.

Baca juga : Tuan Guru Ganjar Adakan Penyuluhan Dan Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

“Nantinya kita akan menyelenggarakan berbagai kegiatan maupun diskusi untuk memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman. Dan akan ada tokoh-tokoh bangsa maupun pakar yang akan mendampingi poses ini," ungkap Jayadi.

Ditambahkan juga, dalam waktu dekat bangsa ini akan ada agenda Pemilu 2024. Diharapkan generasi Z dan Alfa ini menjadi generasi yang melek politik, sehingga bisa berperan serta dalam agenda perubahan.

“Jika kita lihat prosentase Golput (tidak memilih) cukup tinggi. Dengan melek politik kita harapkan partisipasi dalam pemilu juga meningkat,” beber Jayadi.

Dijelaskan Jayadi, Gen Perubahan memang tidak berafiliasi langsung dengan parpol maupun capres yang akan maju di Pilpres 2024. 

Namun, dengan kesadaran dan pemahaman politik yang sudah mereka bangun, maka mereka akan bisa menentukan pilihan terbaik bagi perubahan bangsa ke depan.

Baca juga : Cara Mudah Belajar Akuntansi Online untuk Pemula

Setelah launching Gen Perubahan, menurut Jayadi, lembaga ini akan dikembangkan ke berbagai daerah. Diharapkan, lembaga ini bisa berdiri di seluruh Indonesia.

"Namun untuk jangka pendeknya, kita akan melakukan pembentukan di kabupaten-kabupaten di Sulawesi," ungkap Jayadi.

Salah satu inisiator yang membidani Gen Perubahan, Tamsil Linrung mengatakan, lembaga ini lahir dari kegelisahan kalangan muda karena mereka banyak yang memiliki pandangan buruk terhadap politik.

"Setelah kami berdiskusi dengan mereka, muncul gagasan untuk mendorong lahirnya Gen Perubahan ini," beber Tamsil.

Gen Perubahan ini, lanjut Tamsil, nantinya akan membangun dialektika sehingga mereka memiliki kepercayaan diri, tidak baperan, tidak mageran, dan juga memiliki wawasan yang luas.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Tenun Tingkat Pemula Di Sumba Barat

"Generasi Z dan Alfa ini kita harapkan menjadi melek politik, dan berkontribusi bagi perubahan menuju kemajuan bangsa," ungkap calon anggota DPD dari dapil Sulsel ini.

Dijelaskan pula, Gen Perubahan tidak berafiliasi secara langsung dengan calon presiden tertentu.

"Patron utamanya adalah pemimpin yang bisa membawa perubahan menuju kemajuan bangsa," ungkap Tamsil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.