Dark/Light Mode

Ade Fitrie: Wisata Edukasi Bisa Kerek Ekonomi Jabar

Rabu, 28 Juni 2023 22:52 WIB
Ade Fitrie Kirana. (Foto: Ist)
Ade Fitrie Kirana. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Artis Ade Fitrie Kirana melihat potensi besar pengembangan wisata edukasi di Jawa Barat, khususnya daerah Karawang dan Purwakarta. 

Menurut Ade, Karawang yang sejak dulu terkenal sebagai lumbung padi memiliki berbagai tempat wisata yang tak hanya untuk dinikmati keindahannya namun juga sebagai tempat wisata pendidikan. 

Menurut dia, wisata bukan hanya sebatas perjalanan untuk bersenang-senang dan melepaskan penat, tetapi juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang menawarkan pengalaman belajar yang unik dan menyenangkan. 

Baca juga : Nelayan Ganjar Gelar Edukasi Dan Konservasi Pantai Di Jember

“Jadi, wisata edukasi menggabungkan unsur-unsur liburan dengan kegiatan pembelajaran yang bermanfaat, memungkinkan wisatawan mengajak anak-anaknya untuk memperluas wawasan mereka sambil menikmati pengalaman yang menyenangkan," kata Ade Fitrie, Rabu (28/6)

Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini menjelaskan, di Purwakarta misalnya bisa dikembangkan lebih banyak tempat untuk urban farming center yang jadi tempat anak-anak belajar bercocok tanam mulai dari padi, sayuran dan mengenal berbagai macam hewan ternak. Selain manfaat pembelajaran yang jelas, wisata edukasi juga memiliki dampak positif lainnya. 

“Wisata edukasi sering kali mendorong kesadaran lingkungan dan keberlanjutan. Dengan menyaksikan langsung keindahan alam yang mengagumkan, anak-anak dan wisatawan dapat menjadi lebih sadar akan tanggung jawab mereka dalam menjaga lingkungan," lanjutnya. 

Baca juga : Anak Orang Miskin Harus Bisa Sekolah

Tak hanya itu, seni budaya menjadi perhatian Ade Fitrie. Wisata edukasi juga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan di bidang seni dan budaya. 

Misalnya, kata dia, museum seni yang menawarkan kesempatan untuk mempelajari sejarah seni, mengagumi karya-karya seni terkenal, dan bahkan berpartisipasi dalam lokakarya seni untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan seni mereka sendiri. “Tentu melalui pengalaman ini, pengunjung dapat memperluas pengetahuan mereka tentang seni, memahami konteks budaya di balik karya seni, dan mengembangkan apresiasi yang lebih dalam terhadap keindahan dan keunikan seni," lanjutnya.

Dalam era digital ini, wisata edukasi juga semakin inovatif dengan adanya aplikasi mobile dan teknologi virtual reality yang memungkinkan pengunjung untuk memperoleh pengalaman belajar yang interaktif dan mendalam. Dengan bantuan teknologi, pengunjung dapat menjelajahi tempat-tempat sejarah, mengikuti tur virtual di museum, dan bahkan mengunjungi tempat-tempat di luar angkasa melalui simulasi VR.

Baca juga : Kereta Cepat Dongkrak Ekonomi Warga Jabar

Ade Fitrie menambahkan, wisata edukasi memberikan kesempatan yang tak ternilai untuk memperoleh pengetahuan baru sambil menikmati liburan. Dengan cara ini, pengunjung dapat menggali minat mereka, memperluas wawasan, dan membuka pintu bagi pemahaman yang lebih dalam tentang dunia di sekitar.

“Dengan memadukan kesenangan dan pembelajaran, wisata edukasi menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menjadikan liburan mereka lebih berarti dan bernilai," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.