Dark/Light Mode

PNSI: JIS Layak Jadi Venue Piala Dunia U-17

Jumat, 7 Juli 2023 14:38 WIB
Presidium Nasional Suporter Indonesia PNSI Fadly Idris. (Foto: Istimewa)
Presidium Nasional Suporter Indonesia PNSI Fadly Idris. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presidium Nasional Suporter Indonesia (PNSI) Fadly Idris mendorong semua pihak untuk mendukung dan mendorong Jakarta International Stadion (JIS) sebagai salah satu vanue piala dunia U-17 yang dijadwalkan bergulir pada 10 November sampai dengan 2 Desember mendatang.

Ini penting agar citra Indonesia sebagai tuan rumah yang bukan hanya layak, tetapi mempersembahkan kualitas stadion yang megah.

"JIS itu bukan stadion yang biasa, tapi merupakan salah satu simbil yang membawa citra baik Indonesia sebagai salah satu kiblat sepakbola asia. Kalau timnas kita belum cukup berprestasi, maka kita harus persembahkan event dan kualitas stadion yang layak oleh dilihat dunia," kata Fadly dalam keterangannya, Jumat (7/7).

Baca juga : Menpora Segera Bahas Anggaran Piala Dunia U-17

Mahasiswa lulusan Magister Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menegaskan pentingnya gotong royong untuk memperbaiki kekurangan JIS sehingga lolos dalam verifikasi FIFA.

Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI, lanjutnya, harus berbagi tugas dalam renovasi. Pekerjaan yang fundamental harus di backup langsung oleh pemerintah pusat, serta ranah teknis dan perbaikan yang sifatnya tambahan bisa diserahkan kepada Pemprov DKI.

"Harus segera karena event 3 bulan lagi akan diselenggarakan. Semoga PSSI dan semua pihak bisa segera berkoordinasi, Kementerian PUPR dan Kemenkeu segera berembuk untuk suksesi ini. Kita layak untuk berpesta saat Piala Dunia nanti," tambahnya.

Baca juga : JIS Segera Dipermak Demi Piala Dunia U-17

Fadly pun menyebutkan beberapa kekurangan yang layak untuk disorot agar dilakukan perbaikan total. Seperti akses masuk dan keluar dari lapangan yang menjadi sorotan utama, mode transportasi umum harus ditambah dan dibenahi.

Karena parkir di JIS pastinya tidak dapat menampung jumlah kapasitas stadion tersebut.

"Serta rumput stadion pun mesti kembali dibenahi agar sesuai standar FIFA. Pun semua event sepakbola di manapun rumput akan selalu menjadi sorotan, jadi harus menjadi prioritas juga untuk renovasinya," tutup dia.

Baca juga : Top, RI Makin Kinclong Di ASEAN

Untuk diketahui, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Indonesia sangat layak menggantikan Peru yang sebelumnya telah dicopot jadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut penunjukan menjadi tuan rumah ini sebagai kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia yang siap untuk menyelenggarakan event pasca gagal tampil sebagai tuan rumah di piala dunia U-20 sebelumnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.