Dark/Light Mode

Jokowi Happy Panen Jagung Di Food Estate Keerom Papua

Sabtu, 8 Juli 2023 11:25 WIB
Pengembangan Food Estate jagung di Kampung Wambes, Kecamatan Mannem, Kamis (6/7.)
Pengembangan Food Estate jagung di Kampung Wambes, Kecamatan Mannem, Kamis (6/7.)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, untuk meninjau lokasi pengembangan Food Estate di Kampung Wambes, Kecamatan Mannem, Kamis (6/7). 

Pusat pengembangan jagung ini diharapkan menjadi daya tarik investasi jagung di wilayah Timur Indonesia 

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meninjau panen tanaman jagung yang mulai ditanam sejak 3 bulan lalu, saat kunjungan Presiden pada 21 Maret 2023. 

Baca juga : Mentan Dampingi Jokowi Tinjau Ladang Jagung Di Food Estate Keerom Papua

Lokasi tinjauan panen jagung berada di zona 9 dengan luas sudah ditanami jagung sekitar 39 hektare. 

Presiden mengapresiasi hasil panen yang dilaporkan sebanyak 7 ton per hektare. 

"Ini adalah jagung yang kita tanam 3 bulan lalu tepatnya 107 hari yang lalulalu kita ke sini, kita tanam, dan hasilnya ini," kata Presiden. 

Baca juga : Edo Kondologit: Jokowi Presiden Terbaik Dan Ada Di Hati Rakyat Papua

Dukungan infrastruktur Food Estate Keerom telah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaui Direktorat Irigasi dan Rawa, Ditjen Sumber Daya Air sejak penyiapan lahan siap tanam jagung dan saluran irigasi/drainase. 

Kementerian PUPR membuka lahan ex kebun sawit seluas 500 hektare, pembersihan, penyiapan irigasi sepanjang 70 meter saluran primer, 5 km saluran sekunder, 31 km saluran tersier, dan 44 km saluran kuarter telah selesai dilakukan. 

"Untuk membantu proses penanaman jagung dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Keerom dan Kementerian Pertanian. Direktorat Irigasi dan Rawa melalui Balai Wilayah Sungai Papua juga menyiapkan 356 km saluran sub kuarter dan 213 hektare lahan benar-benar siap tanam jagung," kata Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR, Ismail Widadi.■ 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.