Dark/Light Mode

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Miliki Peran Strategis dalam Diplomasi Publik

Sabtu, 8 Juli 2023 17:24 WIB
Atase Pendidikan dan Kebudayaan Miliki Peran Strategis dalam Diplomasi Publik

 Sebelumnya 
Untuk itu, tantangan dan peluang dalam diplomasi publik, Faizasyah mengatakan, Atdikbud diharapkan berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan dalam menjalin hubungan dengan negara lain.

Misalnya melalui promosi media, adanya pergantian dari media mainstream nasional ke media anti mainstream internasional.

Baca juga : Soal Penyanderaan Pilot Susi Air, Pemerintah Nggak Diam Lho

Selain itu, ada pembentukan wadah untuk berbagai pemangku kepentingan di negara akreditasi, mendatangkan pelaku seni dan budaya Indonesia ke luar negeri.

Tantangan selanjutnya adalah pengetahuan masyarakat internasional tentang Indonesia, kolaborasi antarkementerian/lembaga dan fungsi untuk atasi kendala anggaran dan SDM, mengintensifkan prioritas aset seni dan budaya yang sesuai dengan negara akreditasi.

Baca juga : Australia Mitra Strategis ASEAN Dalam Perdagangan Dan InvestasiĀ 

Serta menggalang parisitasi komunitas/masayarkaat Indonesia dan aktor non negara dalam diplomasi soft power.

Kebijakan Kampus Merdeka di Negara Akreditasi

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Nizam yang menjadi narasumber pada rakor ini mengatakan, para Atdikbud di 19 negara dapat membangun diplomasi publik melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga : Mardiono Minta Maksimalkan Suara Generasi Muda

Sebagai upaya transformasi pendidikan tinggi, MBKM saat ini telah menjadi trend di beberapa kampus terbaik di dunia, misalnya Harvard University.

“Melalui MBKM, beberapa program seperti double degree, joint degree, magang di industri, beasiswa, serta pertukaran mahasiswa dapat menjadi program unggulan diplomasi publik Indonesia dalam bidang pendidikan,” tutur Nizam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.