Dark/Light Mode

Survei Capres IPN: Prabowo 42,3 Persen, Ganjar 37,4 Persen, Anies Cuma 17 Persen

Senin, 10 Juli 2023 15:47 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto. Foto: Facebook Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto. Foto: Facebook Prabowo Subianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) merilis survei teranyar bursa Capres 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto lebih unggul dari dua kompetitor utamanya. Yaitu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi,” ujar Peneliti senior IPN, Ike Sihotang, saat merilis hasil survei, secara daring, Senin (10/7).

Baca juga : Survei IPN: Prabowo Masih Ungguli Ganjar Dan Anies Di Semua Kategori

Ike menjelaskan, ketika responden diberikan pertanyaan 'seandainya Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dan hanya diikuti oleh tiga calon, siapakah yang akan anda pilih?'

Hasilnya, Prabowo memperoleh hasil tertinggi dengan angka 42,3 persen. Selanjutnya, Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 37,4 persen dan Anies Baswedan di angka 17 persen.

Baca juga : Simulasi 3 Capres PWS: Prabowo 40,5 %, Ganjar 33,4 %, Anies 20,8 %

"Dalam simulasi 3 besar, Prabowo masih tidak bergeming dari posisi pertama," sebutnya.

Diketahui, survei ini digelar medio 17 hingga 27 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Baca juga : Survei 3 Nama SMRC: Ganjar Unggul 37,9 Persen, Prabowo 33,5 Persen, Anies Hanya 19,2 Persen

Metode survei dilakukan dengan wawancara langsung atau direct interview dengan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.