Dark/Light Mode

Survei Capres

Ganjar-Prabowo Salip-Menyalip

Jumat, 19 Mei 2023 08:00 WIB
(Foto: Twitter @ganjarpranowo)
(Foto: Twitter @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat dalam berbagai survei capres. Keduanya saling-menyalip merebutkan posisi puncak. Sementara, Anies Baswedan konsisten di posisi tiga.

Ganjar, Prabowo dan Anies selalu masuk tiga besar juara survei capres. Namun, dari tiga bakal capres itu, hanya Ganjar dan Prabowo yang bersaing ketat di posisi 1 dan 2. Kadang Prabowo mengungguli Ganjar, kadang Ganjar yang mengungguli Prabowo.

Misalnya dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI), kemarin. Pada survei simulasi tiga nama, Prabowo berhasil mengalahkan Ganjar dengan perolehan 34,8 persen. Sementara Ganjar mendapat 34,4 persen. Sedangkan Anies 21,8 persen. Survei ini dilakukan pada periode 30 April-5 Mei 2023 atau setelah PDIP mendeklarasikan Ganjar sebagai capres.

Baca juga : Survei Indikator: Ganjar Ungguli Prabowo Di 3 Pasangan Capres-Cawapres

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dilihat melalui tren dukungan, elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan diban dingkan Prabowo. Elektabilitas Ganjar naik dari 27,9 persen menjadi 34,4 persen. Sedangkan Prabowo meski mengalami tren peningkatan, tapi tak sesignifikan Ganjar. Peningkatan Prabowo kurang dari 4 persen. Naiknya dari 32,7 persen menjadi 34,8 persen.

Berbeda dengan IPI, lembaga survei Charta Politika justru mendapati kemenangan untuk Ganjar. Dalam survei yang diselenggarakan pada 2-7 Mei itu, Ganjar berada di peringkat pertama. Sedangkan Prabowo menguntit di posisi kedua. Ganjar memimpin dengan angka 34,6 persen, Prabowo 28,1 persen, dan Anies 21,4 persen.

Sementara, dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang digelar 30 April-7 Mei, Ganjar berada diurutan pertama dengan 39,2 persen dan Prabowo 32,1 persen. Kemudian Anies Baswedan dipilih 19,7 persen. “Dalam sebulan terakhir, dukungan pada Ganjar menguat sekitar 6 persen setelah dideklarasikan sebagai calon presiden,” ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani.

Baca juga : Ganjar Dekati 40 Persen

Apa kata pendukung Ganjar dan Prabowo terkait ketatnya persaingan hasil survei?

Pelaksana Tugas (Plt) Kornas Gajarist, Kris Tjantra bersyukur, Ganjar mengalami tren peningkatan elektabilitas. Bahkan tren tersebut jauh melampaui pesaingnya termasuk Prabowo Subianto. “Prabowo sepertinya sudah tidak akan naik lagi. Paling naiknya 1 sampai 2 persen saja. Tapi Ganjar masih bisa reborn lagi,” kata Kris kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kendati demikian, raihan ini tidak membuat Ganjarist jumawa. Karena menurut Kris hasil survei bukan akhir penentu kemenangan. “Kami di Ganjarist terus bergerak sampai ke akar rumput, dan konsolidasi dengan seluruh pendukung dan relawan Ganjar, termasuk dengan partai pengusung Ganjar kami terus lakukan,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.